ATB Festival Hijau 2016, Bersepeda sembari Tanam Pohon

550
Pesona Indonesia
foto: cecep mulyana / batampos
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Ratusan peserta baik dari komunitas sepeda dan pecinta lintas alam  antusias mengikuti ATB Festival Hijau 2016, Minggu (31/7) pagi.

“Selain dapat sehatnya, kan ada tanam pohon, ini bagus sekali. Acara ini penting mudah-mudahan terus ada, bisa bina silaturahmi juga,” kata seorang peserta, Widarto.

Rangkaian acara dimulai dengan senam bersama di pangung Mega Legenda Batam Centre pukul 06.00 WIB. Setelah satu jam lebih mengikuti senam tepatnya pukul 07.30 WIB para peserta yang terdiri dari dua kelompok peserta yakni pemula dan expert bersiap dengan sepeda masing-masing untuk mulai menjelajahi hutan Dam Duriangkang melewati rute yang disiapkan panitia, selama rute perjalanan, peserta dipandu marshall dari Real Mountain Bike (RMB).

Peserta yang tidak kurang dari 700 orang dilepas langsung  Presiden Direktur ATB Beni Adrianto Antonius, Pimpinan Perusahaan Batam Pos Herman Mangundap, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam Yusfa Hendri juga Direktur Air dan Limbah BP Batam Tato Wahyu.

Sebelum kembali ke garis finish yakni tempat yang sama waktu start, di area hutan Dam Duriangkang para peserta, panitia serta pimpinan melakukan gerakan menanam 1000 pohon.

Peserta lain, Poerwo mengaku senang mengikuti kegiatan ini, tidak tanggung-tanggung sejak ATB Festival Hijau diadakan 2010 lalu, pria yang tergabung dalam Toyo Kanetsu Bicyle Club (TKBC) Batam ini sudah tiga kali mengikuti acara ini.

“Tadi lintasannya (Rute, red) bagus, tanam pohon seperti ini positif, jadi semakin hijau hutan kita,” ujarnya.

Kesan serupa juga disampaikan Ello. Peserta muda umur 14 tahun ini tidak mengira jika lintasan yang dipilih panitia demikian bagus.

” Padahal mau coba-coba saja, pas lewat seru juga lintasannya,  keren macu adrenalin,” ucapnya.

ATB-Festival-Hijau-1-F-Cecep-Mulyana

Presiden Direktur ATB, Beni Adrianto Antonius mengatakan acara itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati 5 Juni lalu, dibarengi dengan aksi menanam pohon sebagai upaya menjaga daerah resapan air.

“Kita bangun kesadaran masyarakat untuk menjaga daerah resapan air. Sumber air baku di Batam sangat terbatas, jadi daerah resapan air harus dijaga,” pungkas Beni.

Usai menanam pohon, rombongan ATB Festival Hijau lantas kembali berpetualang dengan sepeda untuk mencapai garis finish di pangggung yang sama waktu start. Sampai di panggung dihibur dengan berbagai acara hiburan juga pembagian door prize seperti tiga sepeda, satu TV LED 32 inci serta satu unit kulkas, juga dua unit handphone android, dua unit DVD player, serta hadiah lainnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar