Derita Penyakit Langka, Bocah 4 Tahun Ini Tampak Seperti Berusia 80 Tahun

510
Pesona Indonesia
Bayezid Hossain. (foto: coverasiapress)
Bayezid Hossain. (foto: coverasiapress)

batampos.co.id – Sungguh malang nasib Bayezid Hossain. Anak dari pasangan Lovelu dan Tripti Khatun ini baru berusia empat tahun, namun penampilannya seperti orang tua yang sudah berusia 80 tahun.

Kondisi yang diderita bocah asal Bangladesh ini disebut progeria, yang merupakan penyakit kelainan genetika yang langka dan mematikan. Penyakit yang juga dikenal dengan nama sindrom Hutchinson-Gilford ini akan membuat fisik bayi menua terlalu cepat.

Proses penuaan cepat ini akan dimulai dalam dua tahun pertamanya setelah dilahirkan. Progeria tidak menular dan bukan penyakit turunan, kondisi ini bisa menimpa siapa saja tanpa membedakan jenis kelamin atau ras.

Karena penyakit ini, Bayezid kini seperti anak berusia 80 tahun. Gangguan itu membuat wajah Bayezid bengkak, mata cekung, kulit kendur, kesulitan buang air, gigi yang lemah dan penuaan.

“Dia sudah memiliki gigi yang lengkap pada usia tiga bulan,” ujar ibunya, Tripti Khatun seperti dikutip dari Daily Mail.

Bayezid tak bisa sekolah. Bukannya orangtua mereka tak mau dan tak mampu, namun anak-anak lain takut melihat penampilannya.

Harapan hidup rata-rata orang dengan progeria, hanya berusia 13 tahun. Mereka berada pada risiko tinggi serangan jantung fatal dan stroke. (adk/jpnn)

Respon Anda?

komentar