Komplotan Pencuri Motor Terancam Hukuman Tujuh Tahun Penjara

613
Pesona Indonesia
Polisi menunjukkan sejumlah pelaku curanmor saat ekspose kasus di Polres Tanjungpinang.  Foto: Osias De/Batampos
Polisi menunjukkan sejumlah pelaku curanmor saat ekspose kasus di Polres Tanjungpinang. Foto: Osias De/Batampos

batampos.co.id – Tujuh pelaku pencurian sepeda motor terancam tujuh tahun penjara. Sedangkan dua orang penadah sepeda motor hasil curian terancam empat tahun penjara. Hal tersebut sesuai dengan pasal yang dijerat yakni pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan pasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil curian.

Adapun ketujuh orang yang melakukan pencurian motor yakni AS (17), WY (23), RM (16), FR (19), YY (19), JR (20). Sedangkan dua penadah motor hasil curian yakni RO (30), dan BS (23). Kesembilan orang yang diamankan tersebut merupakan pendatang di Kota Tanjungpinang.

Kabag Ops Polres Tanjungpinang, Kompol Sujoko mengatakan Sembilan orang tersangka yang diamankan pihaknya merupakan komplotan pelaku dan penadah motor curian yang selama beberapa bulan terakhir ini meresahkan masyarakat Kota Tanjungpinang.

”Mereka ini melakukan pencurian motor di Delapan lokasi yang berbeda di Tanjungpinang,” ujar Sujoko, Sabtu (30/7), saat eskpose di Polres Tanjungpinang.

Terungkap dan tertangkapnya para pelaku ini, kata Sujoko, setelah pihaknya menerima laporan dari korban yang kehilangan motornya. Sedangkan pelaku yang pertama kali ditangkap yakni BS (23) yang merupakan penadah motor curian, di Jalan Anggrek Merah, Tanjungpinang. Sedangkan tersangka lainnya di tangkap di sejumlah tempat diantaranya, Batam, Bintan dan Lingga.

”Adapun TKP mereka melakukan aksinya yaitu, parkiran Swalayan Pinang Lestari KM 9, parkiran Kedai Kopi Bacan, Showroom Scond Jaya KM 8, Jalan Radar Perum Lembah Hijau Blok H No 13, Jalan Sidomakmur Gang Nira nomor 119 , Jalan Batu Kucing Kota Tanjungpinang, Jalan Kota Piring dan Perum Bukit Indah Lestari Km 8,” kata Sujoko.

Dari tangan pelaku, sebut Sujoko, pihaknya berhasil mendapatkan sejumlah barang bukti diantaranya beberapa unit sepeda motor yang di curi. Selain itu pihaknya juga menemukan alat yang digunakan para pelaku untuk melakukan pencurian sepeda motor.

”Barang Bukti yang didapatkan dari tersangka, satu unit motor Yamaha Scorpio, satu unit Yamaha Mio J, satu unit Yamaha Xeon, dua unit Honda Beat, satu Honda Kharisma, dan juga kerangka serta onderdil sepeda motor yang telah di bongkar,”pungkas Sujoko.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar