Lapor DKPP Kalau KPU Melanggar

633
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dokumen JPNN
Ilustrasi. Foto: Dokumen JPNN

batampos.co.id – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Saut Hamonangan Sirait memberikan materi pembekalan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bengkulu Tengah (Benteng).

Acara ini berlangsung di objek wisata Taman Wahana Surya (TWS), Desa Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, kemarin siang.

Usai memberikan materi, Saut menegaskan bahwa pilkada dalam suatu daerah sangat rawan pelanggaran. Tidak hanya dilakukan kelompok dari kandidat, akan tetapi pelanggaran bisa saja dilakukan penyelenggara di tingkat KPPS, PPS, PPK, KPU termasuk Panwaslu dan jajarannya.

“Semua pihak berpotensi melakukan kecurangan pilkada. Jadi masing-masingnya harus mawas diri,” jelas Saut sepeti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini (1/8).

Bila penyelenggara yang melanggar, kata Saut, masyarakat boleh melaporkan itu ke sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) atau kepada DKPP. “Masyarakat jangan takut melaporkan kecurangan dan pelanggaran. Apalagi yang dilakukan Panwaslu, Panwascam atau penyelenggara turunan dari KPU. Mudah dan gampang, apabila pelanggarannya bisa dibuktikan,” kata Saut.

Menurutnya, penyelenggara bisa dipecat jika benar-benar terbukti melakukan pelanggaran.

Ketua KPU Benteng, Asmara Wijaya menyatakan, bimtek pamungkas terhadap PPK sudah tuntas. “Bimtek sudah selesai. PPK sudah tahu tugas yang harus dilaksanakan. Seperti menetapkan kepengurusan kecamatan dan menyiapkan sekretariat,” terangnya.

Diakui Asmara Wijaya, hampir seluruh materi yang berkaitan penyelenggaran pilkada sudah disampaikan ke PPK. Dengan materi itu, Asmara berharap PPK bisa lebih matang melaksanakan tugas untuk menyukseskan Pilkada Benteng. “Tidak ada istilah pilkada tidak sukses. Seluruh anggota PPK telah mendapat ilmu mengenai pilkada,” ungkapnya.

Ketua PPK Pematang Tiga, Zaitul Effendi, mengaku hasil bimtek memaksimal pengetahuan PPK untuk menyukseskan pilkada. Hal positif yang bisa diambil dari pelaksanaan pilkada sangat banyak.(jpg)

Respon Anda?

komentar