Mensos Kirim Tim Keserasian Sosial ke Tanjung Balai

244
Pesona Indonesia

mensos-Khofifah-Indar-Parawansa

batampos.co.id – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa berupaya memastikan konflik bernuansa suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di Tanjung Balai, Sumatra Utara benar-benar tak terulang lagi. Menteri asal Jawa Timur itu tak konflik SARA di Tanjung Balai menjadi maslaah terpendam yang sweaktu-waktu bisa meledak lagi.

Khofifah mengatakan, dirinya telah mengirim tim dari Kemensos. Tim itu akan menerapkan program keserasian sosial di daerah yang sempat membara karena konflik SARA, Jumat (30/7) lalu.

“Kebetulan di Tanjung Balai belum ada forum keserasian sosial. Saya sudah berkoordinasi dengan dirjen dan direktur (di Kemensos, red) supaya tim yang ke sana sudah langsung menyiapkan untuk pembentukan forum keserasian sosial di tingkat desa,” kata Khofifah dalam acara e-Warung di Makassar, Minggu (31/7).

Khofifah menambahkan, konflik seperti yang terjadi di Tanjung Balai tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Langkah antisipasi harus dilakukan lebih cepat dan lebih dini karena letupan-letupan yang muncul tidak bisa diprediksi, tapi bisa diminimalikan dampaknya.

“‎‎Kita sudah harus melakukan antisipasi jangan sampai ini terjadi di tempat-tempat lain karena kemungkinan resonansi dari medsos akan memicu di daerah-daerah lain yang sebetulnya semua berjalan harmonis itu akhirnya ada letupan,” terang menteri yang juga ketua Muslimat NU itu.(dkk/jpnn)

Respon Anda?

komentar