Ruko Kosong Terbakar

545
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: dok JPNN
Ilustrasi. Foto: dok JPNN

batampos.co.id – Salah satu bangunan rumah toko (Ruko) yang sudah lama kosong di Jalan Nusantara, RT 003 RW 005, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Karimun, nyaris ludes terbakar, pada Sabtu (30/7) malam pukul 19.30 WIB. Beruntung, pada jam tersebut kawasan tersebut masih ramai warga yang duduk di warung kopi dan segera memberitahukan ke pemadam kebakaran.

”Kita mengetahui ada kebakaran bertepatan dengan anggota kita melaksanakan patroli rutin di tengah kota. Apalagi, Sabtu malam jalan di tengah kota sering padat. Dan, pada saat melalui Puakang, Jalan Nusantara, melihat kerumunan warga sudah ramai. Kemudian, anggota kita langsung melakukan pengecekan dan ternyata ada ruko kosong semi permanen terbakar,” ujar Kapolsek Kota Balai Karimun, Kompol Wisnu Edhi Sadono.

Kebakaran di pemukiman yang padat ini, kata Kapolsek, tidak sampai meluas. Sebab, cepat diketahiui oleh warga yang masih ramai duduk di kedai kopi dan juga masyarakat yang lewat di jalan tersebut. Sehingga, pada saat gumpalan asap mulai keluar dari bangunan ruko kosong tersebut, warga langsung berteriak. Kemudian, anggota Polsek Kota yang berpatroli langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran.

”Sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, kita bersama dengan warga terpaksa mendobrak pintu depan ruko yang terkunci untuk bisa masuk dan melakukan pemadaman. Karena, titik api berasal dari dalam bangunan. Dan, dalam waktu kurang dari setengah jam api berhasil dipadamkan. dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan, untuk kerugian materil belum dapat diprediksi,” jelasnya.

Dikatakan Kapolsek, dari kejadian ini dia menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dengan bahaya kebakaran. Khususnya, terkait dengan ruko atau rumah yang tidak lagi ditempati agar listriknya tidak dihidupkan. Apalagi, jika memang ditinggalkan dalam waktu lama. Selain itu, jika memang masih ada aliran listrik di dalam bangunan, maka pastikan pengecekan secara rutin untuk menghindari kebakaran. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar