Kehabisan Blanko, Kecamatan Sekupang Keluarkan Surat Pengganti

335
Pesona Indonesia
Petugas menunjukkan  E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
Petugas menunjukkan E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

batampos.co.id – Kekosongan blanko e-KTP yang sedang dihadapi oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, berdampak pada menumpuknya pengajuan di sejumlah kecamatan.

Tak terkecuali Kecamatan Sekupang, hingga saat ini sudah ada lebih dari 800 pengajuan yang menunggu untuk diproses.

Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Sekupang, Surasa mengatakan jumlah penumpukan pengajuan otomatis terus meningkat, karena faktor kosong blanko.

Meskipun begitu, sebagai solusi pihaknya telah mengeluarkan surat keterangan yang berisi, kalau e-KTP yang bersangkutan masih dalam proses.

Selain itu, surat keterangan juga dilengkapi dengan fotokopi KTP yang lama, dan resi atau bukti saat pengajuan e-KTP.

“Pas mereka daftar kan kami kasih resi, nah itu yang dilampirkan sebagai bukti pengambilan disini (Kecamatan Sekupang, red),” jelasnya.

Untuk hari pertama, sudah ada sekitar tujuh warga yang telah mengambil surat keterangan ini, dan didominasi oleh pelajar.

“Pemula yang banyak, alasannya untuk buat Surat Izin Mengemudi,” ujar dia.

Setiap harinya, Kantor Kecamatan Sekupang menerima 25-30 pengajuan setiap harinya. Jumlah ini sedikit meningkat di periode Juli.

“Selain pelajar juga banyak dari pendatang baru yang mengajukan,” bebernya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, Mardanis mengatakan kekosongan blanko diakibatkan meningkatknya pengajuan, selain pengajuan pembuatan e-KTP yang baru, pengajuan juga didominasi dengan perubahan alamat, status, dan masa berlaku.

“Padahal sudah jelas, walaupun di e-KTP berlaku hingga 2016. Sebenarnya itu sudah selamanya. Tapi masyarakat tetap saja memperbaharuinya,” beber Mardanis.

Dia berharap blanko akan segera selesai diproses di tingkat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dan semua penumpukan bisa selesai dengan cepat.(cr17)

Respon Anda?

komentar