Kesiapan Pelaksanaan Haji Embarkasi Batam sudah 80 Persen

648
Pesona Indonesia
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok

batampos.co.id – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam terus memantapkan kesiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Kesiapannya bahkan sudah sampai pada tahapan akhir. Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, Syahbudi dengan mantap menegaskan persiapan yang sudah dilakukan pihaknya mencapai 80 persen.

“Untuk asrama persiapannya sudah 80 persen. Kamis lusa baru kembali mengadakan rapat koordinasi untuk pengecekkan keseluruhan,” ujar Syahbudi, Senin (1/8).

Lebih lanjut Syahbudi menjelaskan, mengenai asrama yang bakal ditinggal seluruh Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Batam tidak ada perbedaan pelayanan dari tahun lalu. Segalanya sudah disiapkan semaksimal mungkin.

“Tapi untuk CJH Antara dari Jambi tidak menginap di Batam. Mereka menginap di asrama haji Jambi untuk kemudian berangkat ke Jeddah melalui Bandara Hang Nadim Batam,” jelasnya.

Sebagaimana tahun yang sudah-sudah, PPIH Embarkasi Batam tidak sekadar melayani CJH asal Kepri. Tapi juga beberapa dari provinsi lain. Semisal Provinsi Riau sebanyak 4.036 CJH, Provinsi Jambi sebanyak 2.108 CJH, dan Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 1.872 CJH.

“Sedangkan dari Provinsi Kepri ada sebanyak 795 CJH,” ungkap Syahbudi.

Ada pun mengenai biaya haji tahun ini, Syahbudi menjelaskan ada di kisaran Rp 32 juta. Beda dengan tahun lalu lantaran tahun ini tidak lagi menggunakan kurs Dollar, melainkan Rupiah.

“Sehingga semua jamaah pelunasannya sama. Tidak ada perbedaan. Masih seperti tahun lalu banyak jamaah yang melihat situasi kurs terlebih dulu untuk melakukan pelunasan. Ke depan diperkirakan masih dengan metoda yang sama. Tapi keputusan ini masih menunggu kebijakan pusat,” pungkas Syahbudi. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar