Pohon Tua Tumbang, Tutupi Badan Jalan

848
Pesona Indonesia
Petugas DKP bersama warga membersihkan  sisa-sisa potongan batang pohon yang tumbang. foto:ichwanul/batampos
Petugas DKP bersama warga membersihkan sisa-sisa potongan batang pohon yang tumbang. foto:ichwanul/batampos

batampos.co.id – Hujan deras diserta angin kencang, Senin (1/8) sekira pukul 07.00 WIB, menyebabkan sebuah pohon tumbang, dan menutupi badan jalan di Kelurahan Lubuk Semut. Beruntung saat kejadian, jalanan masih sepi. Namun, dahan pohon yang tumbang turut memutuskan kabel listrik, dan nyaris menimpa rumah warga.

Camat Karimun, Ramli yang mengetahui ada pohon yang tumbang menutupi jalan, langsung menghubungi petugas Dinas Kebersihan, dan Pertamanan (DKP). Tidak berselang lama, petugas DKP datang, dan langsung melakukan pemotongan dibantu warga setempat.

“Saya dari arah Seiayam mau menuju kantor. Tidak tahu, ada pohon ciku yang tumbang menutupi badan jalan di RT 04 RW 01 Kelurahan Lubuk Semut. Langsung saya hubungi petugas kebersihan,” tutur Ramli saat ditemui di lokasi.

Akibat badan jalan tertutup batang pohon yang tumbang, praktis arus lalulintas sempat terganggu, dan dialihkan. Tidak berselang lama, petugas dibantu warga setempat secara bergotong royong memangkas batang pohon agar arus lalulintas kembali normal.
“Hampir satu jam, petugas bersama warga berhasil memangkas, dan memindahkan batang pohon yang tumbang tadi,” tutur Ramli.

Atas kejadian ini, Ramli mengaku akan menyurati kelurahan agar melakukan peremajaan terhadap pohon-pohon yang telah termakan usia. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Melihat kejadian ini, kita akan segera menyurati kelurahan agar melakukan peremajaan terhadap pohon yang sudah termakan usia. Imbauan kita untuk berjaga-jaga, apalagi sudah masuk musim penghujan,” papar Ramli.

Muhammad Jambi, warga setempat tidak menapikan kalau pohon ciku yang tumbang karena diterpa angin kencang, dan hujan. Apalagi, usia pohon ciku di pinggir jalan tersebut, sudah berusia 60 tahun.

“Pak Camat (Ramli, red) belum lahir, pohon ciku ini sudah ada. Tapi bersyukurlah, saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas. Jadi tak ada korban,” jelas Muhammad Jambi yang mengaku sudah puluhan tahun tinggal di Lubuk Semut. (enl/bpos)

Respon Anda?

komentar