Tanjungpinang Jadi Pilot Project Penerbitan KIA

771
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang akan melakukan penerbitan KIA yang dimulai dari anak umur 0 hingga 17 tahun.

Penerapan program KIA ini untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. “Penerbitan KIA berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA,” jelas Plt Kadisdukcapil Tanjungpinang, Eka Hanasarianto, Senin (1/8).

Penerapan KIA ini akan diujicobakan di beberapa daerah yang cakupan kepemilikan akte kelahiran 80 persen. “Karena itu, Kota Tanjungpinang menjadi pilot projek dalam pelaksanaan program KIA,” jelasnya.

Selain itu persiapan juga sudah dilakukan sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai nanti waktunya berkewajiban memiliki kartu E-KTP. “Persiapan ini terus dilakukan, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri juga sudah melakukan sosialisasi dan kita akan segera melakukan penerbitan KIA,” katanya.

Menurut data Disdukcapil Tanjungpinang mencatat ada sekitar 76 ribu jumlah anak di Tanjungpinang dan akan dilakukan pengumpulan data semua pelajar sekolah di Tanjungpinang. “Target nya semua pelajar di Tanjungpinang akan mempunyai KIA, jadi kita akan melakukan koordinasi kepada Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Eka mengatakan, nantinya akan ada dua kategori KIA yaitu KIA anak usia 0-5 tahun tanpa foto pemilik dan KIA anak usia 5 hingga 17 tahun yang memiliki foto. Dan akan dicetak seperti KTP SIAK versi 5. “Dengan adanya KIA, identitas anak dan orang tuanya bisa diketahui,” katanya. (odi/bpos)

Respon Anda?

komentar