Usai Lebaran, Batam Lagi-lagi Dibanjiri Pendatang Baru Cari Kerja

619
Pesona Indonesia
Ratusan pelamar kerja berkumpul untuk melihat papan pengumuman lowongan pekerjaan yang ada di Multi Purpose Hall Batamindo, Mukakuning, Senin (1/8). Jumlah pelamar yang meningkat akibat banyaknya pendatang baru usai lebaran. F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos
Ratusan pelamar kerja berkumpul untuk melihat papan pengumuman lowongan pekerjaan yang ada di Multi Purpose Hall Batamindo, Mukakuning, Senin (1/8). Jumlah pelamar yang meningkat akibat banyaknya pendatang baru usai lebaran. F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Usai lebaran Idul Fitri, banyak pendatang baru datang mencari kerja. Hal itu terlihat dari banyaknya pencari kerja (Pencaker) baru yang mencari kerja di Multi Purphose Hall (MPH) Pujasera Batamindo. Senin (1/8) diantara mereka ada yang baru dua minggu datang ke Batam.

Salah datu diantara mereka ialah, Zulfa wanita asal Aceh, baru saja dua minggu di Batam. Tujuannya untuk mencari pekerjaan. “Kata orang di Batam mudah cari kerja, perusahaannya banyak,” ujar Zulfa kepada Batam Pos, Senin (1/8).

Di Batam, Zulfa tinggal disebuah kontrakan di daerah Tanjungpiayu bersama temannya. “Tidak ada punya keluarga di Batam,” kata Zulfa.

Selama dua minggu di Batam, dirinya baru dua kali memasuki lamaran disebuah perusahaan yang ada di Batamindo termasuk PT Cicor Panatec Batam dan PT Ciba Vision Batam.

“Keduanya gagal. Di PT Cicor kalah persyaratan, karena usia belum cukup, yang diminta usia 18-22 tahun, saya baru 17 tahun,” ucap Zulfa.

Meski demikian, kata Zulfa dirinya tetap bertahan dan terus berusaha sampai mendapatkan pekerjaan di Batam. “Coba dulu siapa tahu ada perusahaan yang menerima lamaran saya,” tuturnya.

Sama halnya dengan Ardi rekan cowoknya dari Aceh, hingga kini belum juga diterima bekerja. “Kebanyakan cewek yang diterima, di PT Cicor juga cewek semuanya yang dibutuhkan,” kata Ardi.

Selain itu, Diana asal Palembang, juga baru satu minggu lebih di Batam, hampir setiap hari dirinya datang ke Batamindo untuk melihat lowongan. “Belum dapat juga kerja, susah diterima,” kata Diana.

Datang ke Batam, Diana hanya bermodalkan tamatan SMA dan tidak memiliki keahlian khusus. “Katanya tamat SMA susah diterima , kalau tamat SMK katanya mudah diterima,” ucapnya.

Diana mengatakan, jika tidak mendapati pekerjaan di Batam, dirinya mengaku akan pulang ke kampung halaman. “Nggak punya duit lama-lama di Batam, di Batam saya kos di Bida Asri Batamcenter,” ungkap Diana.

HRD Officer PT Cicor Panatec Meri Vera mengatakan, saat ini pihak perusahaanya hanya menerima 20 orang hanya untuk perempuan dibagaian operator, itu sesuai dengan kebutuhan yang diminta perusahaan. “Sebagai pengganti dari karyawan yang telah habis masa kontrakanya,” ujar Meri.

Meri mengatakan, untuk proses penerimaan karyawan, tentunya secara objektif sesuai dari persyaratan yang telah ada. “Seleksi lamaran, tes tertulis, interview, kemudian dikirim untuk mengikuti tes kesehatan dan barulah kita tentukan yang lulus,” kata Meri. (cr14)

Respon Anda?

komentar