Cameron Brown Pastikan Berlaga pada Ironman 70.3 Bintan

386
Pesona Indonesia

Cameron Brown, juara dunia 4 kali Ironman World Champion, serta 12 kali menjadi raja di Ironman Selandia Baru, memutuskan ambil bagian di Ironman 70.3 Bintan 2016.
Event sport tourism bergelar Ironman 70.3 Bintan yang bakal berlangsung di Lagoi Bay, 27-28 Agustus 2016.

Hadirnya Cameron Brown membawa angin persaingan di Bintan nanti akan semakin sengit dan tentu ini akan menaikan pamor Ironman 70.3 Bintan.

Meskipun dianggap olahraga kelewat “gila”, Ironman 70.3 ini rupanya tak sepi peminat. Seorang juara dunia sekelas Cameron Brown dipastikan ikut serta di lomba yang membutuhkan ketahanan fisik luar biasa itu. Meski harus renang di perairan lepas, bersepeda puluhan kilometer dan lari marathon puluhan kilometer, peminatnya tetap banyak. Hingga Sabtu (30/7) malam, jumlah pesertanya sudah menyentuh angka 1.000 orang. Peserta yang ambil bagian itu datang dari 50 negara.

“Para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km, red) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Setelah itu, Minggu 28 Agustus 2016, para peserta akan bersepeda sepanjang 56 mil (90 km, red). Rutenya Plaza Lagoi Bay –  Simpang Lagoi – Kampung Baru – Simpang Penaga Lintas Barat – Busung, Simpang Lobam – RSUD Tanjunguban -TMP Dwikora Tanjung Uban – Kampung bugis -Sekera -Sungai Kecil kembali ke simpang Lagoi dan berakhir di Plaza Lagoi Bay,” terang Bupati Bintan Apri Sujadi, Sabtu (30/7).

Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap sepanjang 21 km. Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 bersama penyelenggara acara MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini. Dan hal itu diyakini akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan. Apalagi, Ironman 70.3 Bintan sudah diplot menjadi ajang kualifikasi Ironman dunia sebelum mencapai Ironman World Champion di Australia. “Bersama Kementerian Pariwisata, kami akan bersatu menyukseskan Ironman 70.3 Bintan,” ucap Apri.

foto: stuff.co.nz
foto: stuff.co.nz

Bagi dia, menyelenggaraan Ironman 70.3 akan memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Sekarang, sudah ada bayangan minimal 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Itu belum termasuk keluarga peserta dan ofisial tim.

“Even ini juga mempunyai media value yang tinggi. Atlet-atlet dunia yang tampil di Ironman 70.3 di Bintan pasti akan menjadi pemberitaan media internasional. Karenanya akan kami beri pelayanan terbaik untuk merekal Kami akan buat mereka terkesan dengan Bintan,” tambah Apri.

Untuk memperlancar pelaksanaan, Apri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pihak Imigrasi dan Bea Cukai. Proses kedatangan wisatawan atlet mancanegara akan dipermudah.

“Tahun ini ada kenaikan jumlah peserta sekitar 20 persen. Harapan kami, Ironman tahun ini bisa kembali sukses seperti tahun sebelumnya,” harap Apri.

Selain ada ribuan peserta dan para atlet kelas dunia yang bakal meramaikan ajang tahunan di Bintan itu, Apri menyebut, ada 200 peserta Ironman Kids yang akan ikut serta di laga pembuka dengan berlari sejauh 1,5 Km.

Menpar Arief Yahya berharap tahun 2016 semakin banyak yang ikut ambil bagian di tiga cabang olahraga yang digabung menjadi satu ini. Kebetulan masuk melalui Singapore juga Bebas Visa Kunjungan (BVK) buat 169 negara, sehingga mereka yang bermukim atau sedang menjalankan pekerjaan di Singapore, bisa ikut partisipasi meramaikan kegiatan ini. “Track-nya bagus, menantang tapi indah, jadi bisa dinikmati, ungkap Arief Yahya, peraih Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus ini.

Kadispar Kepri Guntur Sakti secara khusus mendownload program calculator di smartphonenya, dan menaruh ikon aplikasi hutung menghitung angka itu di wall-nya. Mengapa?

“Ya, sudah pertengahan tahun, harus rajin menghitung proyeksi versus capaian wisman dan evaluasi program,” ujar Guntur.(*

Respon Anda?

komentar