Gubernur Lobi DPRD Terkait Pengesahan RPJMD Kepri

378
Pesona Indonesia
 Gubernur Nurdin dan Wakil Ketua DPRD Husnizar Hood menerima catatan dari Fraksi PDIP mengenai Ranperda RPJMD, Senin (18/7). foto: ist
Gubernur Nurdin dan Wakil Ketua DPRD Husnizar Hood menerima catatan dari Fraksi PDIP mengenai Ranperda RPJMD, Senin (18/7). foto: ist

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bertemu pimpinan DPRD Kepri ke Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (2/8) siang. Di gedung tersebut, orang nomor satu Kepri itu melakukan komunikasi politik terkait percepatan pengesahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri 2016-2021.

Hasilnya seluruh fraksi di DPRD Kepri sepakat, pembahasan akan ditindaklajuti dengan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) RPJMD Kepri lewat sidang paripurna, Kamis (4/8) besok. Sebelumnya, terjadi perdebatan hebat di DPRD Kepri, karena molornya perbaikan Ranperda RPJMD oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepri.

“Perbaikan sudah selesai kita lakukan. Tentunya dengan memperhatikan masukan-masukan dari masing-masing fraksi yang ada di DPRD Kepri,” ujar Nurdin menjawab pertanyaan wartawan, usai pertemuan tersebut.

Diungkapkan Nurdin, selain membahas persoalan percepatan pengesahan RPJMD Kepri, sebagai Gubernur dirinya akan terus membangun komunikasi dengan DPRD Kepri. Menurutnya, apabila sudah terjadi kesepahaman persepsi, akan memudahkan dirinya dalam mengambil kebijakan untuk pembangunan Provinsi Kepri kedepan.

“Tidak ada komunikasi yang terputus. Karena niat kita sama, yakni ingin menjadikan Kepri lebih baik lagi. Tentu perlu perencanaan mengenai arah pembangunan kedepan,” jelas Nurdin.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPRD Kepri, Amir Hakim yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan terkait percepatan pengesahan Perda RPJMD Kepri, masing-masing fraksi sudah menyepakati dan menerima hasil perbaikan dari Pemerintah Provinsi Kepri. Dijelaskannya, pada paripurna, Kamis (4/8) besok, akan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) RPJMD.

“Kehadiran kami bersama-sama fraksi sudah memberikan masukan Gubernur. Setelah mendengarkan pemarapan dari Gubernur, tentu ini akan diproses lebih cepat. Semua fraksi hadir, dan sudah sepakat dengan itu. Setelah paripurna nanti, akan langsung dibentuk Pansus,” ujar Amir Hakim.

Politisi Partai Hanura tersebut juga membantah terkait desas-desus buntunya komunikasi Gubernur dengan DPRD Kepri. Menurut Amir, tidak ada kebuntuan komunikasi antara DPRD Kepri dengan Pemprov Kepri. Dikatakannya juga, pada kesempatan itu, pihaknya juga mendorong Gubernur segera mendiskusikan posisi Wakil Gubernur Kepri dengan partai-partai pengusung.

“Ada beberapa poin penting yang kami sampaikan. Kami juga meminta Gubernur terus membangunan komunikasi dan koordinasi dengan setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kepri,” tutup Amir.

Masih-masing ketua fraksi di DPRD Kepri, semua tampak hadir. Fraksi PDI Perjuangan dihadiri oleh Tawariq, Fraksi Golkar, Dewi Kumalasari. Kemudian Fraksi Demokrat Plus (Demokrat-Gerindra) dihadiri oleh Surya Makmus Nasution dan Asnah. Selanjutnya dari Fraksi PKS-PPP dihadiri oleh Sarafudin Aluan dan Abdurahman. Selanjutnya adalah Fraksi Hanura Plus (Hanura-Nasdem) dihadiri oleh Sukri Fahrial dan Sahmadin Sinaga. Selain itu perwakilan Fraksi Kebangkitan Nasional (PKB-PAN) juga turut hadir.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar