JCH Daik Lingga Gelar Walimatus Safar sebelum Berangkat

388
Pesona Indonesia
Jutaan jamaah dari berbagai negara tawaf di Masjidil Haram. Foto: istimewa
Jutaan jamaah dari berbagai negara tawaf tahun lalu di Masjidil Haram. Sebelum berangkat JCH Daik menggelar walimatus safar. Foto: istimewa

batampos.co.id – Menjelang pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) pada Sabtu (6/8) mendatang, JCH Daik mulai menggelar Walimatus Safar atau menjamu/pesta dalam rangka safar yakni perjalanan haji. Kerabat dan keluarga berkumpul memanjatkan doa keselamatan agar perjalanan dimudahkan menuju tanah suci.

Pantauan dilapangan, sejak Senin (1/8) kemarin, dari 5 orang JCH Daik yang mulai menggelar kegiatan di rumah masing-masing. Selain mendoakan keberangkatan menuju tanah suci, kerabat dan para tamu dijamu hidangan makanan.

“Walimatus Safar sudah menjadi bagian keberangkatan JCH khususnya di Daik. Sanak keluarga mendoakan calon jemaah untuk berpamitan ke tanah suci,” ungkap H Nadar, salah seorang tokoh masyarakat di Daik.

Lazimnya, kata Nadar, kerabat dan keluarga akan berkumpul bersama memanjatkan doa untuk mengantar jemaah haji berpamitan menuju panggilan haji yang merupakan rukun Islam ke lima tersebut. Hingga pelepasan nanti, kata Nadar, JCH akan menggelar kegiatan serupa di tempat tinggalnya masing-masing.

Sementara itu, Kasubag TU Kemenag Lingga memastikan para JCH tidak akan kelaparan selama di tanah suci. Belajar dari pengalaman tahun lalu, dimana JCH hanya hanya mendapat jatah makan sekali sehari selama 15 hari pelaksanaan.

“Untuk konsumsi pada tahun ini para JCH akan mendapatkan jatah makan 2 kali sehari selama 15 hari. Jadi para JCH tidak perlu khawatir dan repot untuk masak selama di Mekkah,” ungka Zahid terkait Pelayanan Akomodasi dan Transportasi JCH Lingga 2016. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar