JCH Harus Jaga Kekompakan dan Kesiapan Fisik

283
Pesona Indonesia
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah berbincang dengan Jemaah Calon Haji yang mengikuti Masik Haji di Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa (2/8). F.Yusnadi/Batam Pos
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah berbincang dengan Jemaah Calon Haji yang mengikuti Masik Haji di Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa (2/8). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 147 Jamaah Calon Haji (JCH) mengikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa (2/8).

Acara dibuka Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada JCH tentang pelaksanaan dan tata cara ibadah haji.

“Teori tentang ibadah haji seperti rukun-rukun haji mungkin semua sudah tahu, tapi saat dilapangan kadang terjadi hal-hal yang diluar dugaan, seperti berdesak-desakan dan tersenggol jamaah lain yang mengakibatkan hilang konsetrasi. Sebisa mungkin hal itu bisa diatasi dengan memberi pemahaman agar jamaah kita tenang menjalankan ibadah,” sarannya.

Dikatakan Lis, selain kesiapan fisik dan mental ia juga menekankan agar jamaah selalu menjaga kekompakan selama menunaikan ibadah haji. Mulai dari keberangkatan sampai berada di tanah suci. Hal ini untuk mencegah agar tidak ada jamaah yang tersesat akibat tepisah dari rombongan.

“Jamaah juga harus sabar, saling pengertian dan menjaga setiap ucapan. Untuk barang bawaan, bawa yang seperlunya saja,” pungkasnya.

Informasi panitia penyelenggara, JCH asal Tanjungpinang akan dilepas, Kamis (4/8) melalui embarkasi Batam, Senin (8/8) mendatang. Keesokan harinya diterbangkan ke Madinah, Selasa (9/8). (cr21/bpos)

Respon Anda?

komentar