Kebun Raya Batam Terus Berbenah

628
Pesona Indonesia
Kebun Raya Batam
Kebun Raya Batam

batampos.co.id – Unit Pelayanan Teknis Kebun Raya Batam akan menebar 9 ribu bibit berbagai jenis tanaman. Bibit yang didapat dari berbagai daerah ini, sebagian telah terkumpul di Kebun Raya Batam.

“Sebagian lagi masih berada di Hutan Matakucing,” kata Ketua Pelaksana Harian Kebun Raya Batam, M Nasir kepada Batam Pos, Selasa (2/8).

Ia mengatakan penanaman ini dilakukan, setelah mendapat surat dari pihak Kejaksaan Tinggi untuk diperbolehkan dilanjutkannya pembangunan Kebun Raya Batam.

“Kami (Pemko Batam, red) hanya mengisi Kebun Raya Batam dengan tanaman. Jadi menyiram, merawat dan memupuk bibit koleksi,” ujarnya.

Sementara untuk pembangunan bangunan atau hal selain penanaman, kata Nasir bukan termasuk dalam tupoksinya. “Bukan kami,” tegasnya.

Ia menuturkan penanaman sebanyak 9 ribu bibit tersebut, akan diprediksi selesai pada November tahun ini.

Dari pantauan Batam Pos, terlihat Kebun Raya Batam masih terlihat tak terurus. Semak-semak belukar, menjadi hiasan tersendiri saat memasuki gerbang depan Kebun Raya Batam.

Sementara itu tempat parkiran Kebun Raya Batam juga sudah mulai hancur, beberapa paving block di sana terbongkar diduga akibat arus air.

Sedangkan gedung yang bakal menjadi kantor pengelola Kebun Raya Batam, hanya menjadi sarang laba-laba. Sementara itu jalan ke arah tempat pembibitan, beberapa bagian sudah rusak. Dan pembatas tepi jalan, juga sudah runtuh tergerus air.

Kondisi masih akan berlanjut hingga 2017. Dari penjelasan Nasir, pembangunan ulang Kebun Raya Batam baru dianggarkan pada tahun 2017. “Itu karena surat itu (Surat dari Kejati,red),” ucapnya. (ska)

Respon Anda?

komentar