Ayo Berikan Balita Anda Imunisasi Campak dan Vitamin A Gratis

4975
Pesona Indonesia
Kadinkes Karimun Hj Sensissiana ketika memberikan imunisasi volio beberapa bulan lalu, dan dilanjutkan dengan imunisasi campak dan pemberian vitamin A secara gratis kepada balita.foto:tri haryono/batampos
Kadinkes Karimun Hj Sensissiana ketika memberikan imunisasi volio beberapa bulan lalu, dan dilanjutkan dengan imunisasi campak dan pemberian vitamin A secara gratis kepada balita.foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, sudah mulai melaksanakan imunisasi campak selama satu bulan yang dimulai sejak 1 Agustus lalu di Puskesmas maupun Posyandu yang ada di 12 kecamatan. Dan serentak pemberian vitamin A secara gratis, agar tidak mengalami kebutaan akibat kekurangan vitamin A.

”Benar, bulan Agustus secara serentak seluruh Indonesia kita melaksanakan imunisasi campak yang diintegrasikan pemberian vitamin A secara gratis. Jadi bagi masyarakat yang mempunyai balita silahkan bawa ke Puskesmas maupun Posyandu, untuk diberikan imunisasi campak dan vitamin A secara gratis,” jelas Hj Sensissiana Kepala Dinas Kesehatan Karimun, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (3/8).

Lanjutnya, pemberian imunisasi campak dan vitamin A dimulai dari usia balita 6 bulan hingga 11 bulan dan 12 bulan sampai 59 bulan. Imunisasi campak bagi balita wajib diberikan, supaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit campak.
Sebab, penyakit campak ini menyerang ke balita disaat kekebalan tubuhnya menurun yang bisa menyebabkan komplikasi terhadap tubuh manusia. Bisa mengalami kebutaan pada mata, sesak nafas atau gangguan paru-paru.

”Jadi Balita harus mendapatkan imunisasi secara lengkap termasuk campak. Ini masih imunisasi dasar lanjutan imunisasi polio beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag TU Puskesmas Tanjungbalai Karimun Azmi mengatakan, di Puskesmas Tanjungbalai Karimun sedang melaksanakan imunisasi Campak dan pemberian vitamin A terhadap balita yang datang ke Puskesmas. Imunisasi Campak dilakukan secara menyuntikan vaksin campak kepada balita, biasanya dilengan atas bahu kanan. Sedangkan, pemberian vitamin A dilakukan dengan cara meneteskan vitamin A melalui mulut balita.

”Sedang berlangsung, mulai pagi hari hingga siang sesuai jam kerja. Untuk jumlah balita yang sudah diberikan imunisasi Campak dan vitamin A, belum kita lakukan rekap secara keseluruhan. Tapi, pendataan sudah kita catat dulu,” katanya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar