Bupati Ini Angkat Harkat Petani Lada di Babel

498
Pesona Indonesia
Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman.Foto:radarbangka
Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman.Foto:radarbangka

batampos.co.id – Forum Komunikasi Petani Lada Bangka Belitung berencana menganugerahi Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman sebagai tokoh Lada Babel, Kamis (4/8) besok. Penghargaan diberikan setelah Erzaldi dinilai terbukti berhasil memajukan dan mendukung para petani lada di Bangka Belitung.

Atas rencana tersebut, Erzaldi menyambutnya dengan baik. Bahkan berjanji akan semakin meneguhkan komitmen mengembalikan kejayaan pertanian lada di Babel. Karena sejarah mencatat sebelum perang dunia kedua, Babel merupakan daerah pemasok 86 persen kebutuhan lada dunia. Selain itu, kualitasnya juga terbaik di dunia.

“Sejak awal menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah saya memang sudah berkomitmen, mengangkat harkat petani lada di Babel. Kejayaan harus dikembalikan,” ujar Erzaldi, seperti dikutip dari JPNN (Jawa Pos Group), Rabu (3/8).

Sebagai wujud keterpanggilan, Erzaldi diketahui rajin menyambangi ladang-ladang petani dalam beberapa tahun terakhir. Tujuannya, untuk mengetahui terlebih dahulu permasalahan yang dihadapi para petani dan mencari solusi yang tepat.

Misalnya terkait penyakit kuning terhadap tanaman lada yang selama beberapa tahun terakhir dialami, Erzaldi menggandeng Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) guna menghasilkan vaksin yang tepat.

“Kini para petani lada di Babel bisa tersenyum lebar, karena hasilnya dapat berkembang dengan baik,” ujar Erzaldi.

Menurut Erzaldi, penyuluhan dan pendampingan juga perlu dilakukan secara intensif dan simultan. Selain itu, sumberdaya petani juga perlu terus ditingkatkan. Karena itu Erzaldi tak ragu-ragu mengirimkan para petani lada belajar langsung ke negara yang produksi ladanya cukup baik, seperti Vietnam.

“Pendidikan tentang pertanian lada sangat penting. Saya merasa perlu memberikan beasiswa bagi para petani lada di Bangka untuk belajar langsung ke negara yang memiliki pertanian lada cukup baik, seperti Vietnam,” ujar Erzaldi.(jpg)

Respon Anda?

komentar