Cuaca Tak Menentu, Nelayan Harus Waspada

921
Pesona Indonesia
Kepala BMKG Tanjungpinang, Dhira Utama. foto:net
Kepala BMKG Tanjungpinang, Dhira Utama. foto:net

batampos.co.id – Akibat cuaca yang tidak menentu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau warga khususnya nelayan untuk tetap waspada.

“Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang masih berpotensi terjadi hingga beberapa hari ke depan,” kata Dhira Utama, Kepala BMKG Tanjungpinang Rabu, (3/7).

Berdasarkan analisa Prakirawan BMKG Tanjungpinang arah angin umumnya bertiup dari arah tenggara menuju barat daya dengan kecepatan 10 hingga 20 knots atau 10 sampai 30 km perjam. Adanya siklon tropis “NIDA” di wilayah Filipina menyebabkan konsentrasi massa udara menuju ke arah tersebut. Namun faktor lokal yang kuat yakni tingginya penguapan masih menjadi penyebab potensi utama pertumbuhan awan di wilayah Bintan sehingga hujan masih cukup berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari.

“Wilayah Kepri sebagai wilayah maritim dan juga tempat pertemuan belokan angin dari tenggara ke barat daya akan membawa awan-awan yang mengandung hujan,” terang Dhira.

Sementara itu tinggi gelombang untuk wilayah Tanjungpinang, Batam dan Bintan berkisar antara 0,2 meter hingga satu meter. “Patut diwaspadai hujan dengan intesitas lebat yang disertai petir dan angin kencang bila ditemui awan Cb (Comulonimbus) berwarna hitam pekat,” pungkasnya. (cr21/bpos)

Respon Anda?

komentar