Dishub Lingga Dapat Kapal Lintas Kepri, Layani Rute Jagoh-Tanjungpinang

724
Pesona Indonesia
bagian dalam kapal Lintas Kepri. foto:wijaya satria/batampos
bagian dalam kapal Lintas Kepri. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Komikasi dan Informatika Kabupaten Lingga berhasil menjemput bola pengoperasian kapal Lintas Kepri untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat Tanah Bunda Melayu. Kapal milik Dinas Perhubungan Provinsi Kepri ini sebelumnya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan lain, setelah lama tidak beroperasi, Dishubkominfo Lingga akhirnya melihat peluang dan berhasil merebut pengoperasian kapal berkapasitas 158 tempat duduk itu.

“Setelah beberapa kali pertemuan dengan Dishub Provinsi Kepri dan BUMD Kepri, mereka akhirnya setuju pengoperasian kapal Lintas Kepri untuk perairan Lingga,” kata Kepala Dishubkominfo, Hendry Efrizal, Rabu (3/8) pagi.

Pria berjanggut ini juga telah menunjuk PT Prima Buana Indah sebagai operator kapal Lintas Kepri. Hingga saat ini, tahap kerja sama tinggal menentukan kesepakatan dana penyewaan kapal saja, setelah itu kapal produksi 2015 ini segera melayani masyarakat dengan tujuan Jago – Tanjungpinang dan sebaliknya.

Kapal bermesin tiga unit Volvol tersebut berkondisi sangat prima, serta memiliki fasilitas yang memadai. Pada interior kapal juga terdapat ruang menyusui serta toilet yang baik dengan tempat duduk yang nyaman, sehingga kapal ini dipastikan dapat melayani kebutuhan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kabupaten Lingga.

Hendry menambahkan, nantinya kapal akan beroperasi dengan rute pelayaran Dabo – Tanjungpinang dan sebaliknya. Sedangkan kapal yang ada saat ini hanya sebagai pengganti ketika kapal Lintas Kepri dalam masa perbaikan atau yang sering disebut docking kapal.

“Semua ini kami lakukan untuk masyarakat agar mendapat pelayanan transportasi yang baik dan aman,” kata Hendry.

Sementara itu di tempat terpisah, pihak operator atau pemilik PT Prima Buana Indah, Ayong, menyampaikan sangat bersyukur jika kapal tersebut dapat melayani masyarakat Kabupate Lingga. Terlebih jarak yang ditempuh cukup jauh, karenanya masyarakat Tanah Bunda Melayu sudah semestinya mendapat moda transportasi yang baik.

Selain itu, Ayong juga mengaku, dengan kondisi jumlah penumpang yang ada saat ini, dia belum mampu untuk membeli kapal seperti Lintas Kepri. Sehingga dia menyampaikan rasa terimakasih kepada Dishub Kabupaten Lingga yang telah bersusahpayah mendapatkan kapal tersebut untuk beroperasi melayani masyarakat.

Dia memastikan, setelah melihat kondisi kapal yang masih baru itu, bersedia untuk memenuhi persyaratan yang nantinya dibutuhkan untuk memuluskan kerja sama antara BUMD Kepri dan perusahaan miliknya. Dengan perhitungan sewa yang saling tidak memberatkan.

“Sebagai putera daerah saya tentunya berkeinginan memajukan daerah saya dengan moda transportasi yang baik,” kata Ayong. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar