Hari Ini, Anggota DPRD Batam Mulai Reses

395
Pesona Indonesia

Nuryanto -F Cecep Mulyana (1)batampos.co.id – Anggota DPRD Kota Batam mulai melakukan reses ke lapangan, tempat daerah pemilihan mereka masing-masing. Kegiatan yang dimulai hari ini, Kamis (4/8) mulai membuat kantor DPRD Batam sepi dari aktivitas dan kesibukan wakil rakyat.

“Iya masa reses sudah mulai hari ini sampai, Rabu (10/8). Tujuannya ke daerah pemilihan masing-masing,” ujar Ketua DPRD Batam Nuryanto, kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa cak nur itu, tak semua anggota DPRD Batam melakukan reses, Meskipun dan reses sudah disediakan, lanjutnya, namun masih ada beberapa anggota dewan sengaja tidak mengambil karena memiliki alasan-alasan tertentu.

“Ada dananya, diambil gak apa-apa, gak diambil pun gak apa-apa,” tutur Caknur.

Seperti yang diutarakan Udin P. Sihaloho, Anggota Komisi IV DPRD Batam. Politisi PDI Perjuangan ini mengakui secara terang terangan tak mengikuti reses tahun ini. “Dananya belum saya ambil, kalau diberikan akan saya kembalikan lagi,” kata Udin.

Menurut Udin, tak ikutnya reses kali ini merupakan bentuk kekecewaannya terhadap kinerja Pemko Batam yang hingga saat ini tak mampu merealisasikan keluhan-keluhan masyarakat Batam. “Buat apa reses kalau tak direalisasikan,” sebutnya.

Ia menyebutkan, setiap tahunnya pemerintah hanya menampung sebagian kecil reses DPRD. Semisal program wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah pusat. Di Batam malah berjalan seolah tanpa aturan. Sarat dengan pungli yang menyebabkan banyak anak usia sekolah tak dapat mengenyam bangku sekolah atau putus di jalan.

“Sebagai buktinya, lihat saja di jalanan. Anak-anak putus sekolah yang akhirnya membentuk komunitas anak jalanan atau genk motor,” sebutnya.

Disektor kesehatan. Ketika masih banyak masyarakat Batam yang mengalami birokrasi yang berbelit-belit serta pelayanan di rumah sakit yang masih melihat kasta dan strata seseorang.

Menurutnya, ketika masyarakat datang dengan kartu BPJS, berbeda jauh dengan masyarakat yang berobat dengan fasilitas asuransi atau mandiri.

“Saya selaku anggota Komisi IV, sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Kita kecewa karena setiap hasil reses tak mampu direalisasikan,” bebernya.

Anggota Komisi IV, Safari Ramadhan mengaku akan kembali ke daerah pemilihan untuk menampung aspirasi masyarakat setempat. Aspirasi ini kemudian disampaikan dalam paripurna. Dijadikan bahan untuk ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan pembangunan.

“Iya mulai hari ini kita langsung turun,” kata Safari.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi III, Rohaizat. Menurutnya masa reses akan berlangsung selama satu minggu ini akan dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi masyarakat sehingga lebih banyak persoalan masyarakat yang bisa diselesaikan.

“Termasuk menerima aspirasi mereka yang belum tersalurkan,” pungkasnya. (rng)

Respon Anda?

komentar