Oalah! Jelang Pilwakot Kok Ormas Bermunculan Ya…

743
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Sudah bukan rahasia umum, menjelang Pilkada sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) bermunculan. Begitu juga menjelang Pilwakot 2018 mendatang ini di Kota Bengkulu. Hampir setiap minggu ada Ormas yang mendadak muncul dan mendeklarasikan diri. Terutama yang berkaitan dengan ormas suku dan kelompok ikatan keluarga.

Ketua Gerakan Komunitas Bengkulu Membangun Syakirin Endar Ali menilai munculnya ormas-ormas dadakan ini tidak lain memiliki visi dan misi. Diantaranya untuk menghadapi Pilwakot mendatang. Terutama di Kota Bengkulu cukup banyak suku dan kelompok masyarakat yang muncul. Akan tetapi tujuanya tidak lain untuk bergening menarik simpatisan para bakal calon.

‘’Kini lihatlah sudah banyak yang mendeklarasikan diri. Mulai dari ormas di keluarga atau suku. Tujuannya itu bagi calon yang ingin maju bisa menghubungi mereka. Tetapi perlu dicatat tidak semua ormas dipastikan memiliki massa. Ini biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang politik yang ingin terjun di Pilwakot nantinya,’’ beber Syakirin kepada RB kemarin.

Diakui Syakirin, seperti ormas suku lembak, rejang, serawai, bahkan yang dari luar provinsi Bengkulu akan mendeklarasikan diri. Seharusnya jika tidak ada kepentingan, kenapa harus menjelang Pilwakot harus dideklarasikan.

‘’Pemilih atau penduduk di Kota Bengkulu ini kan campuran. Sehingga akan banyak ormas yang muncul menjelang Pilwakot. Ini jika calon nanti tidak bisa mengkaji atau meneliti, bisa-bisa dirugikan. Tapi ada juga yang diuntungkan dengan menggandeng ormas,’’ bebernya.

Sementara Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah, S.Pd,M.Si mengakui kalau sudah maraknya ormas yang membentuk kepengurusan dan mendeklarasikan di Kota Bengkulu. Akan tetapi itu sudah hal biasa menjelang Pilkada. Tujuannya tidak lain meminta perhatian dan memberikan nilai tawar ke pasangan calon nantinya.

‘’Ini ada dampak positifnya banyak ormas. Selain tertata antar suku, juga akan muda mengakomodirnya. Bagi KPU sebagai penyelenggara pemilu itu tidak ada masalah. Silahkan saja dan sah-sah saja,’’ pungkasnya.(jpg)

Respon Anda?

komentar