Pengusaha Mengeluh, Ini Janji BP Batam

645
Pesona Indonesia
Deputi V BP Batam, Gusmardi Bustami. Foto: istimewa
Deputi V BP Batam, Gusmardi Bustami. Foto: istimewa

batampos.co.id – Sementara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan (BP) Batam berjanji memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi industri di Batam serta memperbaiki regulasi yang dianggap menghambat perkembangan investasi.

“Saat ini daya beli memang sedang rendah karena kondisi ekonomi, itu hal biasa. Namun untuk membuat nyaman pelaku usaha, kami berikan jaminan keamanan dan kepastian hukum,” kata Deputi V BP Batam, Gusmardi Bustami, Rabu (3/8/2016).

Baca Juga: Pengusaha Singapura Masih Bingung Soal KEK Batam

Salah satu permasalahan yang dikeluhkan pengusaha sehingga menuntut keamanan dan kenyamanan adalah soal kios liar (kili), rumah susun (rusun), dan demo buruh meminta kenaikan Upah Minimal Kerja (UMK).

Manager PT Batamindo Investment cakrawala, Tjaw Hoeing menjelaskan keberadaan kios liar di sepanjang jalanan Panbil menyebabkan kawasan tersebut kurang sedap dipandang mata investor.

“Mereka menganggap kawasan tersebut kurang rapi sehingga terkadang ragu untuk menanamkan investasi,” ungkapnya.

Begitu juga dengan keberadaan rusun di samping Batamindo. Rusun ini dulu dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Namun sayangnya sistem drainasenya sangat buruk sehingga airnya merembes ke Batamindo sehingga menyebabkan banjir dan merusak dinding pembatas.

Pengusaha juga sangat was-was dengan demo buruh di akhir tahun yang menuntut kenaikan UMK. Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Batam, OKa Simatupang menjelaskan demo ini sangat meresahkan pengusaha.

“Pasalnya serikat pandai mengendalikan demo. Dalam SOP polisi, hanya bertindak ketika terjadi perbuatan anarkis,” jelasnya.

Dalam kenyataannya, para pendemo tidak melakukan aksi anarkis, melainkan hanya melakukan sweeping, tidur-tiduran di gerbang pabrik, menghalangi truk yang ingin masuk ke pabrik, dan sejumlah tindakan non anarkis lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Gusmardi menjelaskan BP Batam akan selalu siap membantu pengusaha untuk memperoleh kenyamanan berinvestasi di Batam.

“Kami akan coba berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memberi kenyamanan dalam berinvestasi,” tutupnya. (cr13/leo/ska)

Respon Anda?

komentar