Punya Usaha? Ayo Manfaatkan Pinjaman Dana Bergulir dari PMP-KUKM

659
Pesona Indonesia
ilustrasi. f.liputan6
ilustrasi. f.liputan6

batampos.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM (PMP-KUKM) Kota Batam, mengajak seluruh koperasi maupun pelaku UKM untuk memanfaatkan dana bergulir yang dikelola oleh Lembaga Penyaluran Dana Bergulir Koperasi dan UKM (LPDB-KUKM) untuk mengembangkan usaha.

Kepala Dinas PMP-KUKM Kota Bata, Pebrialin mengatakan dari Januari hingga Juli 2016, pihaknya telah berhasil menyalurkan dana sebesar Rp 5,6 miliar kepada tiga koperasi dan 108 UKM di Batam.

“Setiap bulannya kita terima pengajuan pinjaman Rp 800-1 miliar perbulannya,” kata dia, Rabu (3/8).

Menurutnya, hampir 85 persen pengajuan berasal dari usaha perorangan. Ini membuktikan pengusaha di Batam semakin banyak, dan berkembang. Dengan adanya dana bergulir ini, diharapkan pengusaha bisa memanfaatkan untuk memperlebar usaha. “Otomatis ini akan menambah lapangan kerja juga,” ujarnya.

Saat ini, selain UKM, usaha yang sedang berkembang adalah di bidang jasa seperti travel, jahit, salon, bengkel, hingga wisata kuliner. “Kebanyakan pengusaha pemula,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk pengusaha pemula juga bisa mengajukan dana pinjaman. “Asal usaha sudah berjalan selama enam bulan, silahkan ajukan pinjaman,” sebut dia.

Untuk persyaratan selanjutnya cukup melampirkan fotokopi KTP, bukti usaha, serta omset setiap bulannya. “Syarat lengkap semua bisa diproses, satu minggu selesai,” tukasnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar