Anda Sering Gagal Fokus? Lakukan Empat Hal Ini

419
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Beberapa kegiatan yang dilakukan sekaligus setiap harinya sering membuat kita tidak fokus. Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu (multitasking) terkadang membuat otak lelah dan sulit berkonsentrasi.

Hal itu diperburuk lagi dengan pengaruh gadget yang sudah menjadi bagian dari hidup, yang membuat Anda seolah kehilangan kontak dari kehidupan nyata.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Microsoft, berikut adalah empat cara untuk kembali fokus dan membuat otak relaksasi sejenak.

1. Istirahat

Berikan waktu bagi tubuh beristirahat sejenak. Tarik napas panjang. Otak secara bertahap akan terbiasa dengan stimulus tersebut. Saat tugas menumpuk dan membuat Anda tidak fokus, sebaiknya berhenti untuk istirahat sejenak. Hal itu untuk menjaga konsentrasi Anda.

2. Matikan Gadget

Sibuk menelpon dan menerima SMS juga membuat Anda tidak fokus. Terlalu sering mata menatap ponsel akan membuat otak Anda lelah. Sebuah studi di Universitas Florida menyebutkan bahwa orang-orang yang terlalu sering mengirim dan menerima SMS atau telepon, justru lebih banyak melakukan kesalahan pada tugas saat bekerja daripada mereka yang melakukannya bebas dari gangguan telepon. Atur nada ponsel menjadi hening juga dapat menjadi solusi agar bebas gangguan.

3. Hindari Multitasking

Melakukan kegiatan secara bersamaan dalam satu waktu seperti makan malam, nonton TV dan mengerjakan tugas, akan membuat Anda tidak fokus. Sebaiknya pilih salah satu pekerjaan saja yang dapat dilakukan. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyatakan otak kita tidak dapat mengerjakan lebih dari dua hal besar dalam satu waktu.

Sebab, bagian dari otak yang disebut korteks prefrontal medial membantu seseorang membagi pekerjaan menjadi dua. Sehingga seseorang dapat melakukan satu tugas sementara tugas yang lain juga tetap bisa fokus. Namun jangan sampai ada pekerjaan ketiga yang dilakukan.

4. Olahraga dan Latihan Teknik Pernapasan

Selama beristirahat sejenak dari tumpukan tugas kantor, cobalah berolahraga dan berlatih menarik napas panjang. Yoga juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mental sehingga pikiran kembali segar. (ris/JPG)

Respon Anda?

komentar