Telkom Pasang Fiber Optik, Tingkatkan Layanan Broadband 4G di Natuna

1261
Pesona Indonesia
Tim CSR Telkomsel saat mengajari anak-anak pulau terluar mengakses internet. Foto: dok. telkomsel
Tim CSR Telkomsel saat mengajari anak-anak pulau terluar mengakses internet. Foto: dok. telkomsel

batampos.co.id – Akselerasi percepatan pembangunan Natuna yang dicanangkan Presiden Joko Widodo semakin nyata. Tidak hanya dibidang maritim, kini konektiviti komunikasi segera dibangun.

Telkom Indonesia bersama Telkomsel dalam waktu dekat akan meningkatkan jangkauan layanan broadband. Saat ini dengan layanan 3G dan akan ditingkatkan dengan layanan 4G. Dengan membangun infrastruktur fiber optik di Natuna.

Komisaris Utama PT Telkom Group Indonesia, Hendri Saparini menegaskan Telkom bersama Telkomsel tahun ini segera membangun infrastruktur untuk meningkatkan kapasitas akses data dan jaringan broadband di wilayah terdepan RI ini.

“Tahun depan itu Natuna akan dilayanai jaringan 4G Telkomsel. Beberapa bulan lagi dibangun dan siapkan infrastruktur, jaringan broadband dan sebagainya tahun ini. Sederhananya, sesaat lagi nggak ada bedanya kita tinggal di Jakarta dan di Natuna. Internetnya sama kencang. Hitungan (transfer data) nya gak detik lagi, tapi milisecond,” kata Saparini disela penyerahan program SCR Telkom Indonesia di SMAN 1 Ranai yang didampingi jajarangan dewan komisaris dan direksi telkomsel, Rabu (3/8).

Sebagai salah satu BUMN, kata Saparini, PT Telkom yang membawahi Telkomsel akan serius mengembangkan sektor telekomunikasi di Natuna. Dan sesuai janji Presiden Jokowi, Natuna tidak hanya sekedar pulau terdepan, namun juga harus pulau terdepan juga pembangunan di sini. Salah satu kuncinya adalah telekomunikasi.

Telekomunikasi menurutnya, tidak hanya security sebagai pulau terdepan ini. Namun banyak peluang peluang ekonomi dan memperbaiki tatanan komunikasi di masyarakat. Dan tentu diharapkan dukungan semua pihak agar lebih cepat.

Rombongan direksi dan komisaris Telkom ini juga melakukan pertemuan dengan Bupati Natuna, Hamid Rizal di hari yang sama. Dalam pertemuan ini dipaparkan beberapa opsi paling realistis yang bisa segera dibangun.

Dikatakannya, Presiden Joko Widodo menarget pembenahan infrastruktur listrik dan telekomunikasi dipercepat. Sebelum 2019 janji tersebut sudah harus terlaksana. Dan sudah lakukan pertemuan dengan Bupati terkait beberapa opsi. Hal ini akan segera dirapatkan dan bahas di Jakarta.

Akses telekomunikasi dan pembangunan infrastruktur broadband ini menurutnya akan membantu banyak sektor lain seperti keamanan, pengembangan ekonomi hingga sosial masyarakat.

“Hasil pertemuan dengan Bupati tadi, pembicaraannya mengenai opsi layanan seperti apa yang bisa kita bangun secepatnya. Kita akan pasang fiberoptic. Ini beda dengan proyek Palapa Ring dari pemerintah yang nanti jalannya di tahun 2018. Tapi Telkom, tahun ini kami siapkan infrastrukturnya,” jelasnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar