Terumbu Karang di Perairan Cemaga Rusak Akibat Penggunaan Potasium

715
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Terumbu karang di kawasan konservasi Pulau Kemudi, Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, rusak, diduga disebabkan aktifitas pembiusan ikan oleh oknum nelayan.

Camat Bunguran Selatan, Saidir mengaku, kerusakan terumbu karang di perairan Cemaga diduga disebabkan pembiusan ikan yang menggunakan potasium. Pihaknya sudah melakukan survei.

Bahkan, sambung Saidir, bersama Kepala Desa setempat, Babinkantibmas, BPD dan tokoh masyarakat sekitar mengecek kebeberapa tempat dan pemilik pompong terkait adanya aktifitas pembiusan ikan. Namun belum sempat tertangkap.

“Aktifitas membius ikan sekarang sudah merusak terumbu di sekitar Pulau Kemudi,” ujar Saidir, Rabu (3/8).

Terkait peristiwa ini, pemerintah kecamatan akan segera membentuk dan menerbitkan surat keputusan (SK) bersama tentang pengawasan dan perlindungan biota laut di kawasan Pulau Kemudi dan sekitarnya.

“Jadi dalam waktu dekat ini kita akan segera membuat SK tentang pengawasan dan pelestarian biota laut di Daerah Cemaga. Supaya penangkapan ikan gunakan potasium yang sedang marak di wilayah Cemaga bisa diberantas,” tutupnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar