Yakinlah, Pemangkasan Anggaran Tak Mengurangi Dana Kesra

760
Pesona Indonesia
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

batampos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meyakini rencana pemerintah memangkas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 tidak akan menyentuh aspek-aspek kesejahteraan rakyat. Sebab, pemerintah tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat sebaik mungkin.

Menurut Tjahjo, pemangkasan anggaran tidak akan dilakukan pada anggaran program-program prorakyat. “Yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat saya yakin tidak ada pemotongan,” ujar Tjahjo di sela-sela Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah di Jakarta Jumat (5/8).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga meyakini rencana pemangkasan anggaran tidak akan menghambat proses pembangunan yang tengah berjalan. Terlebih, tahun anggaran 2016 tinggal tersisa lima bulan.

“Kalau memang bisa, enggak ada masalah. Dinamis, bagaimana pemerintahan efektif melayani masyarakat,” ujar Tjahjo.

Karenanya Tjahjo menduga pemangkasan APBNP 2016 lebih menyasar anggaran belanja pegawai seperti perjalanan dinas dan hal-hal lain. Dengan demikian, program pembangunan tetap berjalan dengan baik.

Sementara terkait sosialisasi PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Tjahjo mengingatkan pentingnya membentuk organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi dan ukuran. Paling tidak, perangkat yang ada sesuai dengan ruang lingkup penyelenggaraan urusan pemda.

“Penataan kembali organisasi perangkat daerah akan mengurangi jumlah jabatan struktural, tanpa mengurangi jumlah pegawai,” ujar Tjahjo.(gir/jpnn)

Respon Anda?

komentar