Ingin Berkontribusi untuk Masyarakat, Pujakesuma Karo Dilantik

954
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Warga Jawa yang tergabung dalam organisasi Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) diharapkan bisa mengambil peran strategis di tengah masyarakat. Guna mendukung hal itu, diperlukan kesadaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang harus digalakkan.

“Agar kita bisa memiliki peran strategis, kita harus memiliki kompetensi dan ilmu pengetahuan yang baik. Sehingga bila ada peluang, kita bisa duduk di posisi-posisi strategis itu. Selama ini sulit, karena sumber daya manusia kita terbatas,” ujar Plt Ketua DPW Pujakesuma Sumut Drs Sugiatno MA saat melantik pengurus Pujakesuma Kabupaten Karo di Kabanjahe.

Sugiatno mengatakan, dengan peningkatan sumber daya itu, Pujakesuma akan menjadi lebih kuat, memiliki martabat dan bisa berkontribusi maksimal untuk masyarakat sekitarnya. Organisasi paguyuban ini diharapkan memiliki kader-kader berkualitas sehingga pada masa mendatang, semakin kuat dan kian berkibar.

“Saya minta kepada pengurus yang dilantik untuk membuat program kerja yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas sumber daya kita. Amanah sudah diemban, pelantikan ini hanya woro-woro, kerja nyata saudara-saudara di lapangan nanti yang akan membuktikan solidnya kader-kader Pujakesuma di Karo yang memang dikenal cukup aktif,” tegasnya seperti dikutip dari Sumut Pos (Jawa Pos Group), Jumat (5/8).

Kesempatan itu, Sugiatno juga juga sempat menyinggung soal kerusuhan yang baru-baru ini terjadi di Tanjungbalai dan Desa Lingga. Dirinya mengingatkan agar kader Pujakesuma tidak terpancing isu provokatif yang bisa memecah belah persatuan.

“Pujakesuma harus ikut menjadi pemersatu antar golongan. Kita harus tunjukkan kepedulian dan empati kita terhadap warga sekitar agar terjalin hubungan yang harmonis,” ujarnya.

Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguyuban Kelaurga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Karo itu sendiri dirangkai dengan kegiatan HUT ke 36 Pujakesuma. Rangkaian kegiatan di antaranya kirab budaya keliling, pemberian lucky draw, hiburan dan makan bersama sebagai wujud rasa syukur.

Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Karo Suprapto Hadi didampingi Sekretaris Bambang Irawan dan bendahara Saelan mengatakan mereka akan mengibarkan panji-panji Pujakesuma tidak hanya ditingkat kabupaten, namun juga tingkat kecamatan sampai desa.

“Terimakasih kepada Ketua DPW Pujakesuma yang telah menyempatkan hadir. Padahal hari ini juga Pak Sugiatno akan terbang ke Jepang sehingga ia tidak bisa berlama-lama dengan kita. Amanah ini akan kami jalankan sebaik-baiknya,” ujar Suprapto Hadi.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Generasi Muda Pujakesuma, Wanita Pujakesuma dan pengurus Pujakesuma kabupaten/kota lainnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar