Istri Santoso Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka

561
Pesona Indonesia
Jumiatun Muslimayatun alias Umi Delima, istri Santoso, ditangkap di Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah. Foto: istimewa
Jumiatun Muslimayatun alias Umi Delima, istri Santoso, ditangkap di Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah. Foto: istimewa

batampos.co.id – Istri kedua Santoso alias Abu Wardah, Jumiatun alias Umi Delima, resmi ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat aksi terorisme.

Umi ditangkap ketika bersembunyi di sebuah gubuk di Tambarana, Poso Pesisir Utara.

Umi merupakan istri kedua Santoso, orang nomor satu di Mujahiddin Indonesia Timur yang meninggal ketika baku tembak dengan Satgas Tinombala beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, mengatakan Umi telah ditahan dan menjadi tersangka per tanggal 30 Juli 2016.

“Pelaku ini terbukti mengikuti aksi teror bersama Santoso. Dia sudah bergabung sejak Januari 2015 dan mengetahui rencana pembunuhan tiga warga sipil di Tangkura Poso dan tiga di Sausu, Kabupaten Parigi,” terang Martinus, Jumat (5/8).

Martinus juga menyebutkan bahwa selama bergabung kelompok Santoso, Umi terlibat dalam kontak dengan aparat di Tasrib pada 17 Agustus 2015.

“Lalu saat di Rompo Napu waktu meninggalnya Dodo alias Fonda, serta terakhir menyembunyikan senjata Ss2 pegangan Santoso saat kontak senjata yang meninggalnya santoso sampai akhirnya tertangkap,” imbuhnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar