Pilwakot Bengkulu Buka Peluang 4 Koalisi Parpol

1217
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Peta koalisi Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2018, belum begitu terlihat. Namun beberapa partai politik (parpol) memastikan akan mengusung kader.

Seperti Partai Amanat Nasional (PAN) yang semakin terlihat memberi sinyal lampu hijau kepada incumbent, H. Helmi Hasan, SE. Begitu juga Partai Golkar kepada kadernya, Patriana Sosialinda yang kini duduk di kursi Wakil Walikota Bengkulu.

Termasuk Nasdem yang diam-diam bakal menjagokan kadernya, Erna Sari Dewi yang kini menjabat Ketua DPRD Kota dan Gerindra yang diprediksi bakal usung Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto.

‘’Besar kemungkinan akan terbentuk empat koalisi partai,’’ kata pengamat politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Lamhir Syam Sinaga, M.Si seperti dikutip dari Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (5/8).

Dijelaskannya, empat partai besar yang berpeluang membentuk koalisi tersendiri itu, Nasdem dengan kekuatan 6 kursi di DPRD, Gerindra 5 kursi, PAN 5 kursi dan Golkar 3 kursi dari total 35 kursi di DPRD Kota Bengkulu. Sedangkan dari kalangan independent, belum bisa dipastikan. Tetapi dalam peta Pilwakot 2018, diyakininya akan ada pasangan calon (paslon) yang maju jalur independent. ‘’Bahkan beberapa figur pendatang baru sudah mulai terlihat,’’ beber Lamhir tanpa ingin menyebut orangnya.

Sementara beberapa figur cawali lain yang sudah mulai tampil, mantan Kadis PU Provinsi Bengkulu, Andi Roslinsyah, mantan Walikota Bengkulu, Ahmad Kanedi dan Yudi Darmawansyah, Wakil Ketua I DPRD Kota Bengkulu serta Edi Ramli, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu dari Gerindra. Sedangkan figur wakil walikota, diantaranya Kuratul Aini yang semakin santer berpasangan dengan Andi Roslinsyah.

Termasuk Rico Chan yang digadangkan siap digandengkan wakilnya Patriana Sosialinda. Juga Ketua DPC PDIP Kota Bengkulu, Mirza Murman yang mulai disiapkan PDIP maju Pilwakot dengan target minimal wakil bagi cawali yang akan diusung PDIP. (jpg)

Respon Anda?

komentar