Waspada! Beredar Kosmetik Palsu yang Mencatut Merk Terkenal

780
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Jika ada yang menjual kosmetik dengan harga murah, apalagi dijual lewat online, jangan mudah tergiur. Sebab bukan tidak mungkin kosmetik itu adalah barang palsu yang tidak bermanfaat bahkan berbahaya ketika digunakan.

Belum lama ini, Unit V Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil menangkap Fredy Lim, pemilik dan pembuat krim serta cairan pembersih muka merek HN.

HN adalah merek ternama yang digunakan pelaku untuk membuat krim wajah dan cairan pembersih bodong.

”Jadi, dia mendompleng merek yang sudah ada,” ujar Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono.

Tersangka mengaku membuat krim dan cairan pembersih palsu tersebut sejak Maret 2016. Dia membuatnya secara otodidak. Hal itu berawal ketika dia berada di Pasar Asemka, Jakarta Barat.

Saat itu dia melihat banyak perempuan yang mencari produk kosmetik HN. ‘Dia lantas berpikir untuk membuat produk palsu HN demi mencari untung.

Tersangka pun mulai belajar membuat krim dan cairan pembersih tersebut. Bahan baku pembuatan produk palsu itu juga dibeli di Pasar Asemka.

Setelah bahan baku didapatkan, tersangka memproduksi dengan memasukkan bahan krim ke pot. Selanjutnya, sabun cair dimasukkan ke botol berukuran 100 ml.

Produk tersebut kemudian dibungkus dan diberi stiker agar terlihat seperti produk asli. Tersangka mulai menjualnya, baik secara satuan maupun paket.

Harga satuannya Rp 25 ribu untuk krim wajah, lalu dibanderol Rp 100 ribu untuk dua krim wajah dan satu cairan pembersih.

Untuk memuluskan aksinya, tersangka menjual produknya secara online di Tokopedia dan langsung di Pasar Asemka. Dia memproduksi 50-100 paket sabun cair pembersih muka dan sabun cair pembersih badan per hari.

Penangkapan bermula dari laporan masyarakat. Polisi lalu melakukan pengembangan dan menyergap pelaku di rumahnya di kawasan Villa Mutiara Pluit, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Dari kediaman tersangka, sebanyak 948 botol krim dan cairan pembersih muka berhasil diamankan petugas. (jpg)

Respon Anda?

komentar