Waspada Cuaca, Nelayan Siapkan Life Jacket dan Kompas

59
Pesona Indonesia
foto: tri / batampos
foto: tri / batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karimun Azmi Yuliansyah mengingatkan, kepada para nelayan agar berhati-hati saat menangkap ikan di laut lepas. Sebab, saat ini cuaca cukup ekstrim dimana perubahan cuaca secara tiba-tiba. Sehingga, harus menjadi perhatian para nelayan terutama yang ada di wilayah kecamatan Moro dan Durai.

“Kami tidak bosan-bosannya, mengingatkan saudara-saudara kita para nelayan agar berhati-hati melaut. Karena, hujan lebat disertai petir secara tiba-tiba turun walaupun cuaca saat itu cerah. Berbeda dengan didarat, kalau di laut apapun bisa terjadi,” ungkapnya, di Moro kemarin.

Apalagi, bagi nelayan yang mempunyai kapal ikan diatas 3 GT rata-rata menangkap ikan di laut lepas Natuna. Sehingga, harus benar-benar waspada untuk mengantisipasi badai yang tiba-tiba datang. Paling penting, yaitu perlengkapan life zaket, kompos, radio komunikasi harus benar-benar standby dan aktif terus.

”Saat ini nelayan kita mencapai 5000 orang yang tersebar di 12 kecamatan. Dan alhamdulillah, tangkapan ikannya cukup lumayan banyak semenjak pemberlakukan ibu menteri yang melarang kapal asing menangkap ikan,” tuturnya.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karimun memperkirakan terjadi hujan ringan yang bersifat lokal dan terkadang disertai petir. Sementara, kecepatan angin 5-30 kilometer per jam dengan tinggi gelombang 0,2 sampai 0,8 meter.

”Kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut, dihimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di perairan Bintan dan Anambas,” singkat Nizam Mawardi petugas BMKG.

Sedangkan salah satu nelayan Moro, Saleh yang akan berangkat melaut mengungkapkan, dirinya sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Khususnya, stok makanan yang harus di jaga. ” Mengucapkan bismilah sebelum berangkat, mudah-mudahan tidak ada halangan dan dapat tangkapan lebih banyak,” harapnya sambil memasukan makanan kedalam kapal.(tri)

Respon Anda?

komentar