51 JCH Lingga Bergerak Ke Batam

713
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Sebanyak 51 Jemaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Lingga mulai bergerak ke Batam. Para jemaah rencananya akan di inapkan di asrama Haji, Batam Center sebelum menuju tanah suci, Minggu (7/8).

Pantauan dilapangan, pada Sabtu (6/8) kemarin, puluhan jemaah asal Daik Lingga maupun pulau-pulau kecil wilayah kecamatan Senayang berkumpul di Masjid Jamik Sultan Mahmud Lingga. Sekitar pukul 01.00 WIB dinihari, rombongan diantar ratusan sanak keluarga, kerabat menuju pelabuhan Tanjung Buton untuk berkumpul bersama seluruh jemaah lainnya di Dabo Singkep.

Menggunakan pancung kecil, jemaah bergerak ke Dabo Singkep. Kondisi transportasi laut yang disediakan begitu kecil oleh penyelenggara membuat sanak keluarga hanya bisa mengantar jemaah di Tanjung Buton.

“Padahal banyak keluarga yang ingin mendampingi jemaah sampai ke Dabo. Karena speed yang ada tidak memungkinkan, keluarga terpaksa mengantar sampai Tanjung Buton saja. Ada juga keluarga yang terpaksa cater speed melalui pelabuhan Penarik,” ungkap salah seorang keluarga yang enggan namanya di korankan.

Meski begitu, JCH sesuai waktu sampai di Dabo singkep untuk menginap semalam sebelum berangkat bersama menuju kota Batam.

Sementara itu, Abdurokhman Kasi Penyelenggarara Haji dan Umroh (PHU) Kementrian Agama Lingga, mengatakan untuk tahun 2016, Lingga mendapat jatah 51 kursi. Dikatakannya, JCH Lingga terdisi dari 24 jemaah laki-laki dan 27 jemaah perempuan.

“Nanti tanggal 7 Agustus, sama-sama diberangkatkan dari Masjid Azulfa Dabo menuju Batam. Pelepasan JCH langsung oleh Bupati Lingga,” ungkapnya.

Sebelum diberangkatkan ke tanah suci, kata Abdurokhman 51 JCH Lingga akan menginap di Asrama Haji terlebih dahulu. Jika tidak ada perubahan, pada 9 Agustus mendatang JCH Lingga akan diberangkatkan langsung menuju Madinah.

“Insya jamaah kloter satu Lingga akan di berangkatkan menuju Madinah pada tangal 9 agustus pukul 09.00 WIB dari Bandara Hang Nadim, Batam menggunakan pesawat Saudi Air Line,” tuturnya.

Dilanjutkan Abdurokhman lagi, agar para jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk di tanah suci, prosudur pemeriksaan kesehatan telah dilakukan sebanyak 2 kali. Untuk tahun ini, masih kata Abdurokhman, JCH Lingga tertua atas nama Asnah Senen Karim dengan usia 77 Tahun asal kecamatan Singkep Pesisir. Sementara JCH Lingga termuda atas nama Lindawati Samsuri Bedu usia 32 Tahun dari kecamatan Singkep Selatan. (mhb)

Respon Anda?

komentar