Baru Sebulan Duterte Pimpin Filipina, 114 Ribu Bandar dan Pemakai Narkoba Menyerah

933
Durtete, Presiden Filipina Terpilih. Foto: istimewa
Durtete, Presiden Filipina. Foto: istimewa

batampos.co.id – Rodrigo Duterte benar-benar bak hantu bagi bandar maupun pengguna narkoba di Filipina. Baru sebulan resmi menjadi presiden Filipina, sudah lebih dari 114 ribu badar maupun pengguna narkoba menyerahkan diri ke kepolisian.

Sejak terpilih menjadi presiden, Duterte memang lantang menyuarakan permusuhan pada obat-obatan terlarang. Bahkan dia “merestui” aparat kepolisian untuk menghabiskan para bandar narkoba.

Terbukti, hingga saat ini menurut catatan polisi, sudah 420 orang yang tewas di jalanan. 154 di antaranya adalah buronan polisi. Selama masa kepemimpinannya itu pula, menurut New York Times, lebih dari 114 ribu bandar dan pemakai narkoba menyerahkan diri.

Tak ayal, hal tersebut secara otomatis juga menurunkan angka kriminalitas sebanyak 13 persen sejak pemilu. Pada Mei lalu, lebih dari 52 ribu kejahatan terjadi di Filipina. Sedangkan pada akhir Juni angka tersebut tersisa 46 ribu.

”Kami tidak akan berhenti sampai kartel narkoba terakhir, pemberi dana terakhir, dan bandar terakhir menyerahkan diri atau dipenjara, atau terkapar di tanah, jika itu yang mereka mau,” ujar Duterte saat pidato kenegaraan pertamanya. (JPNN/pda)

Respon Anda?

komentar