Dishub Rampungkan Pelabuhan Rakyat Seharga Rp 750 Juta, Tapi Belum Beroperasi

585
Pesona Indonesia
 Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya, Dalmasri didampingi Kadishub Bintan, Yandrisyah serta Camat Bintim, Hasan meninjau pembangunan Dermaga Pantai Indah, di Jalan Barek Motor, Kijang, Senin (8/8). foto:harry/batampos
Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya, Dalmasri didampingi Kadishub Bintan, Yandrisyah serta Camat Bintim, Hasan meninjau pembangunan Dermaga Pantai Indah, di Jalan Barek Motor, Kijang, Senin (8/8). foto:harry/batampos

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan berhasil merampungkan pembangunan pelabuhan rakyat yang menelan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bintan 2016 sebesar Rp 750 juta di Jalan Barek Motor, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, pertengahan Juli lalu. Namun pelabuhan yang bernama Dermaga Pantai Indah itu belum bisa dioperasikan hingga saat ini, sehingga nelayan ataupun penambang pompong dari Mantang dan Bintan Pesisir (Binsir) terpaksa menumpang di pelantar bongkar muat ikan milik pihak swasta.

“Dermaga inikan dibangun untuk masyarakat. Kalau sudah selesai dibangun kita minta segera dioperasikan. Karena kita butuh lokasi untuk tambatan kapal,” ujar salah satu penambang pompong, Udin ketika ditemui di Jalan Barek Motor, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Senin (8/8).

Dermaga ini sudah menjadi akses utama bagi masyarakat Mantang dan Binsir menuju Kota Kijang sejak 20 tahun lalu. Dermaga yang terbuat dari bahan kayu itu lambat laun rapuh dimakan usia. Bahkan dengan kondisi seperti itu, banyak penumpang yang menjadi korban tercebur ke laut ketika melintasi dermaga tersebut.

Akhir 2000 lalu, lanjutnya, nelayan dan penambang pompong mengusulkan agar dermaga itu direhabilitasi atau dibangun ulang dengan menggunakan bahan beton. Akhirnya, Pemkab Bintan mengabulkan usulan itu dengan menggelontorkan alokasi dana Rp 750 juta.

“Walaupun sempat bermasalah dengan lahan dan pengerjaannya. Kita tetap bersyukur karena dermaga itu sekarang sudah dibangun dengan bahan beton,” katanya.

Kepala Dishub Bintan, Yandrisyah mengatakan melalui kebijakan khusus yang diberikan Bupati dan Wabup Bintan dengan mengucurkan APBD sebesar Rp 750 juta pembangunan dermaga untuk masyarakat Mantang dan Binsir bisa direalisasikan tahun ini.

“Walaupun kondisi keuangan daerah diterpa defisit. Tapi Pak Apri dan Pak Dalmasri tetap mempioritaskan pembangunan untuk masyarakat. Semoga dermaga ini dapat bermanfaat dan dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” sebutnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku sangat senang bisa menyediakan dermaga yang layak untuk masyarakat. Diharapkan masyarakat yang berada di Mantang, Binsir maupun Kijang dapat menggunakan dermaga itu sebaik mungkin .

“Apa yang sudah kita bangun manfaatkanlah semaksimal mungkin. Kita harapkan masyarakat dapat menjaga dan menggunakan dermaga itu dengan baik,” katanya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar