Pertamina Melayani hingga di Titik Nol Indonesia

799
Pesona Indonesia
Terminal Bahan Bakar Minyak(TBBM)  Pertamina di Sabang. foto:ahmadi sultan
Terminal Bahan Bakar Minyak(TBBM) Pertamina di Sabang. foto:ahmadi sultan

batampos.co.id – Pertamina benar-benar melayani penyaluran bahan bakar minyak (BBM) hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Di ujung barat Indonesia, tepatnya di Sabang, Pulau Weh, Aceh, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I memiliki fasilitas terminal bahan bakar minyak (TBBM) yang melayani penyaluran BBM di wilayah tersebut.

TBBM Sabang adalah salah satu depot yang dimilik Pertamina MOR I dari lima TBBM yang berada di Provinsi Aceh. TBBM Sabang ini beroperasi sejak tahun 1967. Fasilitas yang dimiliki TBBM Sabang di antaranya adalah tangki produk premium, solar, kerosene, dan fame.

“Ada lima terminal BBM di Aceh, salah satunya di Sabang ini. Sementara untuk wilayah Sumbagut ada 19 lokasi atau TBBM yang menyediakan energi untuk bangsa ini, ” kata Area Manager Communication dan Regional Sumbagut PT Pertamina, Fitri Erika saat kunjungan bersama wartawan di Sabang.

Erika lebih lanjut mengatakan penyaluran harian produk premium melalui TBBM Sabang sebanyak 18 kiloliter perhari dengan coverage days atau ketahanan stok selama 30 hari. Sedangkan untuk solar sebanyak 30 kiloliter perhari dengan coverage days selama 60 hari.

Sementara Kepala TBBM Sabang, Suarno mengungkapkan, TBBM Sabang melayani dua SPBU di Sabang dan didukung dua unit mobil tangki untuk penyalurannya. Disamping menyediakan kebutuhan BBM untuk dua SPBU, TBBM Sabang juga melayani pengisian bahan bakar kapal cepat dan kapal roro yang melayani penyeberangan Sabang – Banda Aceh. Juga melayani pengisian bunker kapal perang dan industri serta proyek kecil lainnya.

“Kami juga melayani logistik untuk kapal perang TNI-Al dan Polri,” katanya.

Selain melayani penyaluran BBM, Pertamina juga melayani penyalur LPG di Sabang melalui satu agen dan 38 pangkalan LPG. Penyaluran rata-rata sebanyak 436 tabung per harinya. Supply point LPG untuk wilayah Sabang berasal dari Stasiun Pengisian Pusat Bulk Elpiji (SPPBE) di Aceh Besar. (uma)

Respon Anda?

komentar