Usir Masalah Bau Mulut dengan Lima Cara Ini

532
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Aroma bau yang kurang┬ásedap pada mulut akan membuat tidak nyaman saat berbicara dengan seseorang. Suasana komunikasi pun menjadi terganggu.

Masalah tersebut jelas membuat kita menjadi tidak percaya diri, padahal Anda merasa sudah menggosok gigi. Lalu apakah gerangan penyebabnya?

Dilansir Boldsky, Selasa (9/8), kejadian ini secara medis disebut Hilatosis. Hal ini terjadi karena pertumbuhan bakteri pada mulut. Ketika menyikat gigi, terjadi iritasi pada bagian rongga mulut.

Faktor lainnya yang membikin nafas tak sedap adalah kesehatan gigi yang buruk, pola makan, mulut kering, hingga kebiasaan merokok.

Kemudian bisa juga lantaran adanya penumpukan bakteri di belakang lidah.

Obat utama menghapus bau mulut adalah berhenti mengonsumsi makanan pedas dan berbau setiap saat.

Selain itu, Anda juga harus menyingkirkan kebiasaan buruk seperti merokok. Sikat gigi dua kali dalam sehari dan pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali baik dilakukan.

Namun tahukah Anda? Ada juga beberapa tips sederhana yang bisa mengatasi masalah bau mulut. Berikut di antaranya:

1. Cengkeh

Cengkeh bersifat antibakteri yang mencegah bangunan kuman di mulut dan menyegarkan napas. Anda dapat mengunyah 2-3 siung cengkeh sehari. Jika tidak suka rasanya, gunakan cengkeh dalam teh hijau dan minum dua kali sehari.

2. Lemon

Lemon sudah sejak lama digunakan untuk perawatan gigi. Komponen asam membunuh pertumbuhan bakteri di mulut dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit gusi. Kumur dengan perasan air lemon dua kali sehari.

3.Daun piterseli/parsley

Daun piterseli atau parsley baik untuk mengatasi bau mulut. Klorofil yang terkandung di dalamnya mampu menetralisir bau tak sedap. Anda dapat mengunyah daun ajaib ini atau dibuat sup. Selain itu jus dengan campuran parsley juga baik untuk mengatasi sembelit.

4.Daun mint

Daun mint akan membuat napas terasa segar. Salah satunya dengan mengunyah permen karet dengan aroma mint akan membuat napas terasa segar. Mengunyah daun mint langsung juga mampu membunuh bakteri di dalam mulut.

5.Buah-buahan kaya serat

Mengunyah buah kaya serat seperti pir dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini sangat efektif dalam membunuh bakteri, karena dapat membuang racun dan bakteri untuk memberikan kesegaran yang tahan lama. (ris/JPG)

Respon Anda?

komentar