Atasi Alergi Musiman dengan Mengonsumsi Lima Makanan Ini

328
Pesona Indonesia
alergi
Ilustrasi

batampos.co.id – Alergi musiman biasa diderita oleh sebagian orang, terlebih lagi saat musim hujan maupun sesudahnya. Perubahan musim yang ekstrim membuat tubuh merasa kaget dan kurang bisa menyesuaikan diri hingga akhirnya jatuh sakit.

Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa makanan yang bisa melawan alergi musiman, seperti dilansir laman Cheat Sheet.

1. Lemak ikan

Karena alergi musiman menyebabkan peradangan pada hidung dan daerah tenggorokan, maka penting untuk mengurangi responsnya. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3.

Omega-3 memerangi respons inflamasi yang bisa menenangkan reaksi alergi yang disebabkan serbuk sari.

Salmon dan tuna albacore adalah dua ikan yang tinggi omega-3, jadi pastikan untuk makan porsi 6 ons dua kali seminggu untuk melihat perbedaan nyata dalam alergi Anda.

2. Apel

Anda pernah mendengar pepatah lama tentang mengonsumsi sebuah apel sehari, tetapi apa yang Anda mungkin tidak sadari bahwa sebenarnya makan apel sehari bisa berkontribusi besar untuk membantu alergi musiman.

Kulit apel kaya flavonoid yang dikenal sebagai quercetin yang bekerja baik sebagai antiinflamasi dan antihistamin. Alergi terjadi ketika sel-sel melepaskan histamin, yang merupakan senyawa alami yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan serta peningkatan produksi lendir.

Para peneliti telah menemukan bahwa quercetin mencegah sel-sel kekebalan tubuh dari melepaskan histamin, sehingga mengurangi gejala alergi. Untuk alasan ini, apel juga bagus untuk mengurangi gejala asma.

3. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari, biji rami, biji chia, biji rami dan butternuts semua mengandung omega-3 dan asupan antioksidan. Nilai gizinya bisa membantu mengatasi alergi Anda.

4. Peppers

Secangkir cincang paprika merah mengandung tiga kali lebih banyak vitamin C. Jika Anda bukan penggemar paprika, maka makanan lain yang tinggi vitamin C seperti sayuran gelap berdaun hijau atau buah kiwi juga akan bermanfaat dalam mengobati gejala Anda.

Vitamin C berfungsi untuk mengurangi alergi karena merupakan antihistamin alami yang mengurangi pembengkakan dan peradangan.

5. Teh hijau

Jika Anda seorang pencinta teh, ada kabar baik untuk Anda. Science Daily menemukan bukti baru menunjukkan minum teh hijau bisa membantu mengatasi gejala alergi terburuk Anda. (fny/flo/jpnn)

Respon Anda?

komentar