Gaji Bulanan Sedikit Tapi Ingin Punya Rumah? Bisa Kok, Ini Tipsnya

1083
Pesona Indonesia
Perumahan Andana Residence. foto:istimewa
Ilustrasi. (foto:istimewa)

batampos.co.id Р Memiliki rumah sendiri adalah impian setiap pasangan, terutama yang baru menikah.

Meski gaji bulanan hanya tiga jutaan, tapi hal itu bukan tidak mungkin bisa terwujud.

Bagaimana bisa? Berikut adalah tips agar Anda dapat memiliki rumah walau gaji Anda pas-pasan:

1. Sisihkan dan depositokan bonus bulanan atau tahunan.

Simpanan ini bisa digunakan untuk sewa rumah dulu setelah Anda menikah nanti. Jika Anda dan pasangan bekerja di perusahaan yang sudah cukup stabil, pasti ada insentif atau bonus yang akan kalian terima. Nah, kalian bisa memanfaatkannya untuk tabungan rumah masa depan. Jangan gunakan uang bonus untuk senang-senang, langsung depositokan bonus bulanan maupun tahunan yang kalian terima.

Makin banyak bonus yang kalian kumpulkan, makin besar pula bunga yang didapatkan. Uang yang kalian kumpulkan bersama ini bisa kok untuk menyewa rumah sebagai tempat tinggal sementara setelah menikah nanti.

2. Tiga tahun sebelum menikah, sisihkan 30-40 persen dari gajimu dan pasangan. Tabungan ini cukup kok untuk uang muka KPR.

Anda dan pasangan bisa menabung bersama yang diperuntukkan untuk rumah masa depan kalian. Caranya pun mudah dan kamu gak perlu menyiksa diri demi menabung. Cukup berkomitmen untuk sama-sama menyisihkan 30-40 persen gaji yang diterima tiap bulan. Uang yang dikumpulkan selama tiga bulan cukup untuk uang muka rumah impian.

Tabunganmu sebulan: 40 % x Rp 3.000.000 = Rp 1.200.000

Tabunganmu dan pasangan dalam sebulan: 2 x Rp 1.200.000 = Rp 2.400.000

Tabungan kalian dalam 3 tahun: 36 bulan x Rp 2.400.000 = Rp 86.400.000

3. Anda tidak boleh lengah, harus cari bank dengan bunga KPR terendah!

Tips selanjutnya supaya bisa membeli rumah sendiri adalah jangan lengah dan jangan malas untuk survey bunga KPR tiap bank. Memang kredit rumah ini bisa membantumu untuk mendapatkan rumah impian. Namun, jika tidak selektif memilih bank maka kamu justru akan terjebak dengan bunga yang mencekik. Makin tinggi bunganya maka dana yang harus dianggarkan untuk membeli rumah juga makin membengkak. Maka dari itu kamu harus selektif dan jangan malu untuk jadi KPR hunter!

4. Survei lokasi perumahan yang masih punya harga terjangkau, tidak harus di tengah kota juga kok!

Selain survei bank, kamu juga perlu survei lokasi perumahan KPR. Tidak perlu harus punya rumah di tengah kota dengan harga selangit kok. Kamu bisa mengincar perumahan di pinggiran kota yang merupakan daerah berkembang. Bisa dipastikan harga yang kamu dapat lebih terjangkau kantong. Percaya deh, sebentar lagi daerahmu itu juga akan segera ramai. (Sikah/PS)

Respon Anda?

komentar