Kurangi Beban Biaya Rutin, Beberapa Dinas Pemko Tanjungpinang Digabung

851
Pesona Indonesia
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Terkait rencana perombakan Susunan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016, beberapa dinas kembali digabungkan untuk efisiensi dan menghindari beban belanja rutin.

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan dalam kondisi defisit dan pengaruh Dana Bagi Hasil (DBH), rencana tersebut tengah dibahas dan diperkirakan rampung dalam dua atau tiga hari kedepan. “Tinggal finishing setelah tujuh belas agustus akan kita konsultasikan ke Kemendagri,” katanya di Hotel CK, Selasa (9/8).

Sesuai PP, kata Lis, kelurahan tidak lagi masuk ke dalam lingkup SKPD namun menjadi bagian perangkat kecamatan. Sebagai contoh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) tidak bisa dipisahkan karena dikhawatirkan ada dinas yang tidak bekerja secara maksimal.

“Kalau dipisah akan buang-buang anggaran rutin karena SKPD punya anggaran tersendiri,” kata Lis.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono mengatakan dari 58 SKPD termasuk Puskesmas dan Kelurahan akan dirampingkan menjadi 28 SKPD. Pihaknya diberi waktu sampai dengan bulan Desember untuk merampungkan pembahasan penyatuan dan penggabungan SKPD. “Karena ini sesuai PP, maka harus kita laksanakan,” jelas Riono. (cr21/bpos)

Respon Anda?

komentar