Ini Sekolah-Sekolah di Batam yang Sudah Lama Menerapkan Sistem Belajar Seharian

1400
Pesona Indonesia
Murid Sekolah Muhammadiyah Plus Batam salat sunat duha bareng di lapangan sebelum memulai pelajar. Foto: dok skpd.batamkota.go.id
Murid Sekolah Muhammadiyah Plus Batam salat sunat duha bareng di lapangan sebelum memulai pelajar. Foto: dok skpd.batamkota.go.id

batampos.co.id – Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menerapkan model sekolah sehari penuh (full day school) secara nasional, sebenarnya bukan hal baru. Di Indonesia, sejumlah sekolah swasta telah menerapkan sistem ini sejak lama, termasuk di Batam.

Di Batam, hampir semua sekolah swasta menerapkan sistem Full Day School. Namun, mereka libur di Hari Sabtu dan Minggu.

Berikut beberapa sekolah di Batam yang menerapkan sistem Full Day School:

  1. Sekolah Muhammadiyah Plus di KDA Batam Centre
  2. Sekolah Global Indoa Asia Batam Centre
  3. Sekolah Kalista Batam Centre
  4. Sekolah Juwita
  5. Sekolah Harapan Utama
  6. Sekolah Nabilah
  7. Beberapa Sekolah Swasta lainnya

Nisa, orangtua salah satu murid SD Muhammadiyah Plus mengatakan, sistem Full Day School yang diterapkan di Muhammadiyah Plus sangat bagus. Pasalnya, ada kesempatan bagi orangtua mengantar dan menjemput anak-anaknya tanpa menganggu jam kerja mereka.

Selain itu, rata-rata sekolah dengan sistem Full Day tidak membebankan banyak tugas kepada anak-anak untuk di rumah. Kalaupun ada, hanya sesekali untuk tugas tertentu. Dengan begitu, sekembali dari sekolah, anak-anak tidak dipusingkan lagi dengan pekerjaan rumah dari sekolahnya.

“Masih ada waktu beberapa jam untuk istirahat karena pulang jam 3 sore. Habis magrib masih bisa ngaji atau kursus,” kata Nisa, Rabu (10/8/2016).

Soal waktu anak bersama orangtua yang banyak dikhawatirkan, Nisa mengatakan masih tetap banyak. Begitupun kesempatan bermain, juga masih banyak karena Sabtu dan Minggu libur.

“Dua hari full bersama anak kan lebih dari cukup, yang mau liburan bareng pun waktunya dua hari,” kata Nisa.

Sementara itu, untuk sekolah negeri, sistem Full Day School masih sulit diterapkan di Batam. Pasalnya, rata-rata sekolah negeri di Batam dua shif saking banyaknya siswa yang ditampung di setiap sekolah negeri. (nur)

Respon Anda?

komentar