Wisman Menginap Rata-Rata 2,19 Hari di Kepri

895
Pesona Indonesia
Sepasang wisman sedang bermain jetski di Pantai Trikora, Bintan. Kawasan Trikora dan Lagoi padat pengunjung di liburan lebaran tahun ini, begitupun destinasi wisata di Batam. foto:faradilla/batampos
Sepasang wisman sedang bermain jetski di Pantai Trikora, Bintan. Kawasan Trikora dan Lagoi padat pengunjung di liburan lebaran tahun ini, begitupun destinasi wisata di Batam. foto:faradilla/batampos

batampos.co.id – Kendati pada bulan Juni 2016 kemarin terjadi penurunan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 3,79 persen, bukan berarti menunjukkan kelesuan ekonomi pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau. Mengacu data resmi yang dilansir Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulaun Riau, rata-rata lama wisman menginap di Kepri mencapai 2,19 hari.

“Bahkan angka ini naik 0,17 poin dari bulan Mei 2016,” kata Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar, kemarin.

Selanjutnya bila dilihat menurut klasifikasi hotel, rata-rata lama menginap wisman tertinggi dicapai oleh hotel berbintang dua dengan lama menginap selama 4,32 hari. Sedangkan rata-rata lama menginap terendah pada hotel berbintang 4, yaitu 1,80 hari.

“Hotel bintang lima bukan berarti sepi peminat. Terbukti rata-ratanya saja masih mencatat hingga 2,96 hari,” sebut Panusunan.

Kemudian bila ditinjau dari pintu masuknya, hanya melalui Bintan yang mengalami peningkatan. Sementara dari Batam, Tanjungpinang, dan Karimun selama Juni 2016 mengalami penurunan. Jumlah wisman yang masuk melalui Bintan mencapai 31.465 jiwa atau mengalami kenaikan 34,82 persen dari bulan sebelumnya yang mencatat hanya masuk sebanyak 23.338 jiwa.

Batam memang masih menjadi pintu masuk dominan. Juni 2016 masih ada 121.253 wisman yang masuk dari sejumlah pelabuhan dan bandara. Namun, angka ini turun 8,43 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai 132.410 jiwa.

Shakeera, seorang wisman asal Singapura yang ditemui di Bintan, mengaku lebih gemar masuk ke Provinsi Kepri via Bintan ketimbang Batam. Dengan menempuh penyberangan menuju Pelabuhan Bandar Bentan Telani, ia mengaku bisa lekas menuju tempat berlibur berkelas dan sejumlah hotel berbintang yang ada di Bintan.

“Batam masih macam itu aja. Sekarang Bintan jauh lebih menarik,” ucapnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar