Dinkes Undang Dokter Spesialis untuk Operasi Bayi Kembar Siam

1015
Pesona Indonesia
Tim medis Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam bercengkrama dengan si-kembar siam Rahma-Rahmi. Foto: cecep mulyana/batampos
Tim medis Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam bercengkrama dengan si-kembar siam Rahma-Rahmi. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan Pemprov Kepri bekerjasama dengan Alumni Tujuh Satu (Altus) Universitas Indonesia (UI) akan mengundang khusus dokter spesialis dari Surabaya untuk melakukan bakti sosial operasi kembar siam di Batam. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Awal Bros Batam, 14 Agustus mendatang.

“Kegiatan baksos itu nanti merupakan semangat menyonsong kemardekaan RI ke 71,” ujar Tjetjep Yudiana menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (9/8) lalu di Hotel CK Tanjungpinang.

Disebutkan Tjetjep, baksos itu nanti dibagi dalam beberapa kegiatan. Di Kota Batam khusus untuk operasi kembar siam. Karena disana ada satu kembar siam yang usianya sudah hampir empat bulan. Sedangkan di Tanjungpinang belum bisa diselamatkan, karena sudah berpulang. Ia berharap niat tersebut dimudahkan oleh Allah SWT.

Sementara di Tanjungpinang akan dilaksanakan baksos operasi bibir sumbing dan katarak. Menurut Tjetjep, banyak masyarakat yang mendaftarkan diri untuk ikut operasi katarak dan bibir sumbing. Akan tetapi setelah dievaluasi, hanya 50 pendaftar yang bisa ditangani lewat baksos itu nanti.

“Khusus untuk operasi katarak dan bibir sumbing akan dilaksanakan pada 15 Agustus mendatang di Rumah Sakit Umum Provinsi(RSUP) Kepri, Tanjungpinang,” papar Tjetjep.

Menurut Tjetjep tujuan digelar baksos itu nanti adalah untuk memardekan bagi mereka yang tidak bisa melihat, karena terserang katarak. Begitu juga dengan bibir sumbing. Tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri bagi mereka yang membutuhkan.

“Tentunya ini menjadi semangat baru bagi mereka yang membutuhkan dalam menjalani hidup” tutup Tjetjep.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar