Kibarkan Bendera Merah Putih Satu Hari Penuh saat Hari Kemerdekaan

1204
Pesona Indonesia
Tri ketika memilih bendera merah putih dengan berbagai harga. foto:tri haryono/batampos
Tri ketika memilih bendera merah putih dengan berbagai harga. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun telah mengeluarkan surat edaran no.293/PEMB/VIII/2016 tentang pedoman peringatan hari ulang tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2016. Surat itu ditujukan kepada pimpinan instansi pemerintah, BUMN, BUMD, organisasi, swasta serta masyarakat se kabupaten Karimun untuk menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke-71.

“Surat edaran sudah kita kirim ke semua instansi, hingga tingkat desa maupun masyarakat. Dengan tema kerja nyata, mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis maritim yang terdepan berlandaskan iman dan taqwa,” jelas kabag Humas Pemkab Karimun M Yosli, di rumah dinas Bupati Karimun, kemarin (10/8).

Dalam surat edaran tersebut, diwajibkan menaikan bendera merah putih di perkantoran pemerintah, swasta, pertokoan dan perumahan masyarakat dari tanggal 14 hingga 18 Agustus. Dengan durasi waktu mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB, yang sesuai ketentuan pasal 7 Undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan.

Selain itu dapat memasang spanduk atau banner, umbul-umbul, lampu dan hiasan lainya yang bernuansa merah putih hingga 31 Agustus mendatang. Selain bisa dijadikan momentum sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi rakyat, seperti permainan panjat pinang, gerak jalan, maupun permainan rakyat.

“Kalau upacara HUR RI kita fokuskan di Coastal Area. Dengan berbagai agenda, termasuk tabur bunga,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang pedagang bendera, Mas, mengatakan untuk harga bendera per buahnya yang standar dengan ukuran 60×90 sentimeter dihargai Rp 30 ribu, kemudian yang sedang Rp 50 ribu ukuran 80×120 centimeter. Kemudian, umbul-umbul ukuran 4 meter dengan lambang burung garuda di tengah dipatok Rp 400 ribu, selain itu umbul-umbul warna-warni ukuran 3,5 meter hanya Rp 50 ribu.

“Kebanyakan sih yang harga Rp20 ribu. Lumayanlah jualan bendera di sini bang, banyak warga yang antusias membeli bendera merah putih,” ungkapnya.

Sedangkan Tri salah seorang warga Karimun, memilih bendera sedang untuk dipasang di rumah. “Saya sebagai anak muda, tetap cinta tanah air. Walaupun saat ini Pemerintah kita mengalami defisit anggaran, tapi rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia jangan luntur,” tegasnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar