Nelayan Keluhkan Puluhan Ton Limbah B3 Terdampar di Pantai Pasir Panjang

389
Pesona Indonesia

limbahbatampos.co.id – Masyarakat Pasir Panjang, Kelurahan Rempang Cate, Galang mulai khawatir. Sebab, puluhan ton limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) mengendap di sepanjang bibir pantai daerah tersebut, seperti yang dikutip dari koran Batam Pos.

Mirisnya, hal itu telah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu. Ketua RW 03 Pasir Panjang, Sarwik mengatakan setiap tahunnya, bibir pantai Pasir Panjang selalu mendapat kiriman limbah B3 yang terbawa air pasang dan gelombang laut.

Kiriman limbah dari bagian utara Batam itu, terjadi sepanjang November hingga Januari, dan terjadi setiap tahunnya. “Limbah itu mengendap di pasir. Bahkan ada limbah yang dibuang dalam kemasan karung,” ujar Sarwik pada wartawan Batam Pos (grup batampos.co.id).

Menurutnya, masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan mulai merasakan dampak dari limbah B3 itu. Karena jaring dan kelong mereka kerap terkena limbah tersebut.

Bahkan banyak ikan di daerah itu yang mati. “Nelayan tak bisa apa-apa. Peralatan rusak hingga ikan mati. Bahkan jika air pasang, anak-anak yang hendak berangkat sekolah kesulitan karena limbah itu sampai ke darat,” pungkas Sarwik.(she)

Respon Anda?

komentar