Pertamina Siap Tambah Kuota BBM untuk PLN di Tiga Kecamatan

800
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Untuk mempercepat beroperasinya mesin pembangkit listrik tenaga diesel program Menerangi Nusantara dari Kemenko Maritim ditiga kecamatan, yakni Subi, Pulau Tiga dan Pulau Laut di Natuna, pemerintah membentuk tim identifikasi lapangan.

Kepala Distamben Pemkab Natuna Ilham Kauli mengatakan, tim identifikasi merupakan gabungan antara Distamben, PLN dan Dinas Perhubungan serta Dinas Kelautan dan Perikanan. Untuk melakukan survei bersama, baik kebutuhan kelistrikan, pelabuhan, lahan, dan jaringan.

“Tim sudah bergerak ke Pulau Laut, nanti langsung ke Pulau Tiga dan ke Subi. Memastikan ketersediaan lahan, jaringan tersedia saat ini, dan pelabuhan yang akan didaratkan mesin pembangkit maupun penyuplai BBM nantinya,” kata Ilham, Rabu (10/8).

Pemerintah daerah saat ini, kata Ilham, sudah berkoordinasi dengan intansi pemerintah di Natuna, terutama pihak Pertamina untuk mengatasi persoalan BBM. Pertamina menyatakan mampu menyuplai tambahan kuota BBM ke PLN, jika tiga mesin di tiga kecamatan sudah dioperasikan.

“Targetnya bulan Oktober mendatang, kecamatan gelap sudah terang, dan tim dituntut harus kerja cepat,” sebut Ilham.

Untuk sementara, sambung Ilham, Distamben sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat dalam menentukan lokasi ditempatkan mesin pembangkit. Diantaranya untuk Kecamatan Pulau Laut, lokasinya di Desa Air Payang, di Kecamatan Pulau Tiga di Desa Sabang Mawang dan Kecamatan Subi di Desa Subi.

Ditegaskan Ilham, bantuan pembangkit listrik ini perlu dukungan masyarakat dan pemerintah setempat. Karena diperlukan pengorbanan, baik itu lahan maupun batang kelapa warga, agar tidak menggangu jaringan.

“Kami sudah siapkan surat pernyataan dukungan masyarakat, Kepala Desa, Camat, dalam mendukung percepatan pembangunan. Masyarakat diharapkan permudah pemasangan jaringan dan lahan untuk pembangkit dapat dibebaskan,” pungkasnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar