Arus Laut Natuna Terus Diteliti untuk Kembangkan Sumber Listrik

645
Pesona Indonesia
Potensi arus laut sebagai sumber eneregi. foto:net
Potensi arus laut sebagai sumber energi. foto:net

batampos.co.id – Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM hingga saat ini masih mencari sumber listrik yang cocok untuk Natuna selain gas untuk dikembangkan.

Salah satunya sejak tahun 2014 lalu, puslitbang sudah melakukan penelitian energi listrik dari arus laut. Lokasinya di sekitar perairan Kecamatan Pulau Tiga.

Ketua Tim Sosialisasi Puslibang ESDM, Hendro, mengatakan, penelitian energi listrik terbarukan di Natuna dilakukan dari arus laut. Namun hasilnya, untuk sementara belum memungkinkan bisa dikembangkan.

“Kami sudah melakukan penelitian sejak tahun 2014 lalu, tapi potensi arus laut menghasilkan listrik masih skala kecil, sekitar 300 kilowatt, karena kecepatan arusnya hanya 1 sampai 2 meter per detik,” kata Hendro saat sosialisasi di kantor distemben, Rabu (10/8) kemarin.

Dari penelitian ini, kata Hendro, energi listrik dihasilkan menggunakan penggerak turbin. Sehingga perlu penelitian lanjutan, terkait teknologi yang tepat.

Dikatakan Hendro, penelitian arus laut di Pulau Tiga sendiri, merupakan upaya ESDM mendukung kebutuhan listrik di sentra kelautan dan perikanan di Selat Lampa.

Menurutnya, sejauh ini potensi pengembangan sumber energi listrik terbarukan dari arus listrik masih berpotensi di wilayah timur. Sementara diwilayah Barat masih terus diteliti, tekonologi yang tepat.

“Memang arah kebijakan saat ini lebih pada pengembangan energi listrik offshore. Penelitian lanjutannya tergantung kebijakan pak menteri,” ujar Hendro.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar