Mobil-Mobil Terbaru Toyota di GIIAS 2016

812
Pesona Indonesia
Toyota FCV Plus, salah satu mobil konsep yang menyita perhatian di GIIS. Sumber Foto: http://www.toyota-global.com
Toyota FCV Plus, salah satu mobil konsep yang menyita perhatian di GIIAS 2016. Sumber Foto: http://www.toyota-global.com

batampos.co.id – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City Tangerang resmi dibuka Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), Kamis (11/8). GIIAS 2016 diikuti 361 stand peserta pameran, termasuk 31 merek kendaraan dari Agen Pemegang Merek (APM).

Menurut Wapres, Indonesia memiliki dua masalah terkait industri otomotif. Yaitu subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan kemacetan. Namun kata dia, untuk subsidi BBM sudah tak masalah lagi.

JK menyebut, ini merupakan tugas pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut. Caranya, dengan membangun infrastruktur, meskipun belum solusi total untuk atasi kemacetan.

“Pemerintah harus mengurangi kendaraan yang ada di jalan karena itu dibutuhkan transportasi publik yang memadai,” katanya.

Tapi yang paling penting, kata JK, bagaimana pemerataan ekonomi yang baik untuk masyarakat, pengusaha, dan industrinya, terutama bagimana membawa kemajuan baik teknologi, logistik, dan perdagangan dan pendapatan pemerintah dari segi pajak.

Usai membuka acara, Wapres meninjau stan peserta GIIAS 2016. Stan Toyota merupakan yang pertama ia kunjungi. Didampingi President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui, JK mengaku terkesan saat melihat mobil-mobil yang dipamerkan. Salah satunya mobil konsep Toyota FCV Plus yang memiliki konsep benar-benar modern dan ramah lingkungan.

JK bahkan penasaran kapan Toyota FCV Plus bisa dipasarkan. “Wah ini mobil bagus. Mudah-mudahan bisa segera diwujudkan,” kata Wapres.

Menurut Rouli Sijabat, PR Head PT TAM, mobil konsep Toyota FCV Plus menggunakan bahan bakar hidrogen yang jelas ramah lingkungan. Selain itu, mobil ini juga bisa menyimpan dan jadi sumber daya listik bagi mobil lainnya.

“Bisa jadi semacam power bank begitu. Benar-benar berkonsep masa depan,” kata Rouli.

Dalam pameran yang berlangsung tanggal 11-12 Agustus 2016 ini, PT TAM yang mengambil tema Here for a Wonderfull Tomorrow menampilkan 30 mobil produk Toyota dalam booth seluas 3.089 meter persegi dari new entry level sampai premium. Termasuk tiga kendaran special exhibit yaitu Toyota Mirai, mobil konsep FCV plus, dan crossover CHR yang dikembangkan dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Serta pendatang baru di segmen MPV, All New Calya yang mengusung tagline A Wonderfull Surprise. Mobil-mobil Toyota ini mewakili semangat Let’s Go Beyond yang mendapat respon positif masyarakat.

Selain mobil konsep, All New Sienta juga menarik perhatian pengunjung. Khusus untuk Batam, Sienta ini baru akan diluncurkan besok Sabtu (13/8/2016) di Nagoya Hill Mall.

Acara GIIAS ini juga dimanfaatkan TAM untuk meluncurkan All New Calya. President Director PT TAM, Hiroyuki Fukui, mengatakan sejak awal di Indonesia 45 tahun lalu, Toyota berupaya meningkatkan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan industri otomotif dengan mengembangkan mobil yang diproduksi di Indonesia. Tidak hanya menyerap konten lokal yang tinggi hingga 94 persen, mobil Toyota juga mampu menenuhi 35,4 persen pemenuhan kebutuhan pasar.

“Kini dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota tak hanya semata memberikan produk terbaik, tapi juga nenawarkan produk memenuhi berbagai dinamika kebutuhan seiring perkembangan teknologi, desain termasuk lifestyle,” kata Hiroyuki, kemarin.

Sementara Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengatakan mobil Toyota yang dibuat di Indonesia, seperti Fortuner, Avanza, dan Avanza Veloz sudah menjadi produk populer. Ia berharap pendatang
baru, All New Sienta dan All New Calya juga akan populer dan menjadi pilihan terbaik pelanggan. (prs)

Respon Anda?

komentar