Pelamar Calon Sekda Boleh dari Luar Kepri

1278
Pesona Indonesia
Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum mendapat izin untuk ikut dalam pencalonan Sekda Kepri. foto:rpg
Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum mendapat izin untuk ikut dalam pencalonan Sekda Kepri. foto:rpg

batampos.co.id – Meskipun sudah ada pejabat eselon II Pemprov Kepri yang melayangkan pendaftaran sebagai Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri. Akan tetapi Panitia Seleksi (Panesl) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya yang pimpin Eko Prasojo masih terkesan main rahasia-rahasiaan siapa pejabat terkait.

Berkaitan dengan pengumuman Pansel tersebut, Plt. Kepala BKD dan Diklat Provinsi Kepri, Firdaus mengajak seluruh pejabat eselon II, terutama yang sudah memenuhi persyaratan. Siapa saja dan dimana saja untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan ikut mendaftar guna mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya yang masih kosong.

Firdaus menegaskan bahwa penjaringan JPT Madya ini merupakan amanah Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Permenpan RB no 13 tahun 2014 tentang Tatacara Seleksi JPT Instansi Pemerintah.

“Seleksi ini dilakukan secara terbuka seluas-luasnya guna mendapatkan figur calon Sekda yang berkualitas untuk Pemerintah Provinsi Kepri,” ujar Firdaus, Kamis (5/8)

Lebih lanjut katanya, bagi para pejabat eselon II, penjaringan JPT ini sendiri adalah kesempatan yang perlu diikuti untuk dijadikan pengalaman secara pribadi sekaligus tolok ukur kemampuan atau kompetensi. Selain itu juga sebagai pengalaman dimasa yang akan datang.

“Kita semua tahu bahwa yang dipilih menjadi Sekda nantinya tetap hanya satu orang. Dan satu orang itu kan kita tidak tahu siapa. Makanya, berdasarkan pengumuman Pansel, kami mengajak teman-teman eselon II, khususnya yang sudah memenuhi syarat agar mengikuti kesempatan ini dan segera mendaftarkan diri ikut seleksi JPT ini,” papar Firdaus.

Tanpa menyebutkan jumlah dan nama pejabat yang sudah mendaftar, diakui Firdaus jika saat ini memang sudah ada pejabat yang mempersiapkan berkas untuk ikut seleksi terbuka JPT tingkat Madya untuk Jabatan Sekda Kepri kali ini.
Firdaus yang juga masih menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Kepri ini menegaskan bahwa Penjaringan JPT tingkat Madya ini dilakukan secara terbuka. Bahkan bukan hanya untuk dilingkungan Kepri, namun untuk seluruh Indonesia.

“Artinya kita kan sedang mencari kader terbaik untuk menempati posisi jabatan Sekda Provinsi Kepri ini. Makanya penjaringannya terbuka luas. Proses seleksi JPT ini sendiri akan menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga. Apapaun hasilnya memang kita tidak pernah tahu. Dan kami di BKD sifatnya hanya menjalankan fungsi sekretariat saja,” terang Firdaus.

Sekali lagi Firdaus mengajak seluruh pejabat eselon II untuk segera memanfaatkan penjaringan JPT Madya untuk Sekretaris Daerah Provinsi Kepri ini dengan baik. Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak 01 Agustus 2016 dan batas waktunya hingga 22 Agustus 2016. Seperti diketahui, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sudah memberikan izin kepada Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum untuk ikut dalam pencalonan tersebut.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar